Berita

Tim OSN Geografi MAN 19 Jakarta Raih Juara 2 Geografi Championship V Tingkat Nasional

Jumat, 27 Oktober 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 19 Jakarta) ---- Tim Olimpiade Sains Nasional (OSN) Geografi Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta meraih juara ke-2 pada lomba Geografi Championship V Tingkat Nasional.  Kegiatan lomba yang diperuntukkan bagi siswa SMA/MA dari seluruh Indonesia ini, diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Geografi Universitas Negeri Semarang.

 

Pada tahun ini, tema yang diusung adalah “Peran Geografi Dalam Pembangunan Berkelanjutan Melalui Program Transmigrasi”. Pada ajang rutin tahunan kali ini, MAN 19 Jakarta bersaing dengan 78 tim lain dari seluruh Indonesia. Hasil memuaskan berhasil dibawa oleh Tim OSN Geografi MAN 19 Jakarta pada ajang yang digelar tanggal 21 Oktober 2017 di Gedung C7 FIS Kampus Sekaran Universitas Negeri Semarang.

 

Pada ajang tersebut, MAN 19 Jakarta berhasil meraih Juara 2. Sementara, Juara 1 diraih SMA N 1 Cilacap, dan juara 3 adalah SMA N Keradenan Gerobogan.  “Rata-rata semua dari sekolah menengah atas. Hanya ada 3 sekolah MAN yang ikut bertanding selain MAN 19 Jakarta. Ada MAN 1 Kudus, MAN Majenang dan MAN Demak,” tutur Dwiana Puji Rahayu, Pembina OSN Geografi MAN 19 Jakarta, di Jakarta (26/10).

 

MAN 19 Jakarta merupakan satu-satunya MAN dari DKI Jakarta yang mengikuti ajang tersebut. MAN 19 Jakarta mengirim 1 tim OSN yang terdiri dari 4 orang peserta, yaitu Saidin Akram, M. Idris, M. Lutfi, dan Asyila Syafa Alin. Empat  orang utusan ini mengikuti 3 kategori lomba, yaitu ujian tulis, orienteering dan geomedia. Adalah Saidin Akram, siswa yang berhasil memboyong Juara Ke-2 untuk kategori geomedia. Siswa kelas XI IPS tersebut berhasil meraih juara ke-2 setelah melewati ujian geomedia tentang transmigrasi dan pembangunan daerah tertinggal.

 

Mohammad Yasin, Kepala MAN 19 Jakarta berharap  keberhasilan Tim OSN Geografi pada lomba nasional di Semarang agar menjadi motivasi untuk tim OSN mata pelajaran lainnya. “Semoga bisa  makin berkompetisi dan dapat memicu spirit serta semangat agar dapat meningkatkan kompetensi,” ujar Yasin.

 

Yasin pun mendorong tim OSN yang ada di MAN 19 Jakarta  untuk  ikut serta pada lomba-lomba baik pada tingkat provinsi maupun nasional. “Pada tanggal 4 Nopember 2017 nanti Tim OSN Ekonomi MAN 19 Jakarta akan mengikuti Olimpiade Ekonomi Nasional yang diadakan di Universitas Negeri Malang,” tutur Yasin menceritakan rencana tim OSN lain pada madrasah yang dipimpinnya tersebut. Menurutnya dengan mengikuti berbagai ajang lomba, akan menambah jam terbang dari para peserta didik untuk dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

 

Hal senada disampaikan oleh Dwiana Puji Rahayu, Pembina OSN Geografi. Salah satu motivasi Dwiana untuk mengikutsertakan Tim OSN Geografi pada ajang kompetisi nasional tersebut adalah agar MAN bisa berkompetisi dengan SMA/MA pada tingkat nasional. Dengan mengikuti ajang-ajang lomba, para peserta didik menjadi terbiasa dengan suasana kompetisi lomba. “ikut ini (Geografi Championship V) juga untuk memperkenalkan siswa dengan dunia luar tentang bagaimana situasi dan pelaksanaan lomba tersebut,” kata Dwiana.

 

Sementara bagi peserta didik, dapat mewakili madrasahnya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, seperti yang dituturkan Saidin Akram. “Senang bisa ikut lomba dan bangga bisa membawa nama baik madrasah di tingkat nasional”, ujar Saidin Akram peserta yang berhasil meraih juara 2,” kata Saidin setelah menerima penghargaan Juara 2 Kategori Geomedia pada Geografi Championship V. /zainah/ilm/ilm

 

 

  • Tags:  

Terkait