Nabi Muhammad SAW Diutus Untuk Menjadi Rahmat Bagi Semesta Alam


Admin 23 Mar 2018, 00:12


Jakarta [inmasJP] – DR. Agus Wahyudin memberikan tausiyah bertema Kemuliaan Nabi Muhammad SAW di Masjid Al Muttaqin. Kepala Kankemenag Kota Jakarta Pusat serta jajarannya, para tamu pun masyarakat yang melaksanakan sholat Dhuhur berjamaah berkesempatan mengikuti tausiyah pada Rabu (21/03) siang itu.

 

Nabi Muhammad SAW adalah Rasul Allah paling mulia sebab memiliki keutamaan yang tidak bisa dicapai seluruh makhluk. Qs At Taubah ayat 128 menjelaskan “Sungguh telah datang pada kalian seorang Rasul dari kaum kalian, berat terasa olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan (kebaikan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin”.

 

“Beliau mencintai kebaikan dan berusaha dengan keras menyampaikan kebaikan pada kita, bersemangat memberi petunjuk kepada keimanan dan membenci jika keburukan menimpa kita, berusaha dengan keras agar kita jauh dari keburukan,” jelas penggemar motor N-Max itu.

 

HR Tirmidzi meriwayatkan, “Sesungguhnya Rosullullah bersabda, aku dilebihkan atas para Nabi dengan enam hal, yakni aku diberi jawani al kalim (perkataan yang sedikit tapi bermakna dalam dan luas), aku ditolong dengan rasa takut di hati para musuhku, dihalalkan bagiku ghimah (rampasan perang), dijadikan untukku bumi dalam keadaan suci dan tempat sholat, aku diutus untuk seluruh manusia, dan syirah kenabian ditutup oleh aku”.

 

Bahkan sebagian ulama berpendapat akan keumuman hadist di atas yang menyatakan Nabi Muhammad SAW diutus untuk seluruh manusia. Qs Ali Imron ayat 81 bermakna, “Ketika Allah mengambil janji para nabi terhadap apa yang Aku datangkan, baik dari kitab maupun hikmah, kemudian datang seorang rosul (Nabi Muhammad SAW) yang membenarkan apa yang kalian bawa, kalian beriman kepadanya serta menolongnya”.

 

“Orang yang beriman pada risalahnya akan selamat di dunia dan akhirat, sedangkan mereka yang mengingkarinya akan ditimpakan azab yang menyedihkan,” tandasnya. Qs Al Anbiya ayat 107 menyatakan, “Tidaklah kami mengutusmu melainkan sebagai Rahmat untuk semesta alam”.  /j15


Dibaca: 36147 kali



Majalah
Majalah Akrab Edisi 2 Tahun 2021
Majalah Akrab Edisi 2 Tahun 2021
Info Grafis
Hening cipta indonesia
Hening cipta indonesia
Renungan
"Sungguh Allah tidak melihat rupa dan harta kalian, melainkan melihat hati dan amal kalian" (HR Muslim)
Video
Sambutan Menag pada Penutupan Konferensi Antaragama G20
Sambutan Menag pada Penutupan Konferensi Antaragama G20