Kamad MTsN 31 Jakarta, Salah Satu Penerima Anugerah Prestasi Tingkat Nasional




Jakarta (Humas MTsN 31 Jakarta) ---- Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 31 Jakarta, Zainul Ma’arif meraih prestasi tingkat nasional sebagai Juara 1 kategori Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Berprestasi Jenjang Kepala Madrasah Tsanawiyah.

Penganugerahan ini diselenggarakan oleh Direktorat GTK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama pada Hari Guru Nasional 2022 yang mengangkat tema, Berinovasi Mendidik Generasi.

“Alhamdulilah atas prestasi yang telah diraih GTK DKI Jakarta, dimana tahun ini lebih meningkat dari tahun lalu. Ini merupakan anugerah yang harus kita syukuri bersama,” ujarnya saat diwawancarai tim humas.

Menurutnya, perjuangan ini merupakan sangat luar biasa dalam mempersiapkan administrasi hingga karya tulisan dalam bentuk feature serta portofolio lainnya.

“Jarak antara pengumuman dengan grandfinal cukup dekat persiapannya sehingga ini akan menjadi tantangan dalam mengggunakan waktu yang singkat,” terangnya.

Mr.Zain sapaan akrabnya mengingatkan, agar peserta harus mempersiapkan karya tulisan berupa ide yang akan dipaparkan. “Ini perlu dipersiapkan sejak dini, seandainya waktu tidak panjang dalam pelaksanaannya,” imbuhnya.

Terkait proses penilaian, Kamad MTsN 31 Jakarta mengungkapkan bahwa program Kementerian Agama terkait Moderasi Beragama menjadi salah satu penilaian tahapan menuju Grand Final.

“Menuju Grand Final seluruh peserta melakukan presentasi dan tanya jawab dengan tiga dewan juri,” ungkapnya.

Sedangkan saat sesi presentasi, beliau menceritakan menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Dan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab saat melakukan tanya jawab. Menurutnya, menggunakan bahasa asing akan mendapatkan nilai tambah.

“Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan yang matang dan menggunakan bahan presentasi ringkas dan menarik dengan dua bahasa serta mempersiapkan alat peraga, X Banner terkait profil penulis dan outline karya tulis,” pungkasnya.

Sekedar informasi, GTK DKI Jakarta yang menerima Anugerah Tingkat Nasional tahun 2022, adalah :

1. Siti Juwariah Guru RA Al Jannah Jakarta Utara

2. Zatiah Lesyani Ka RA Istiqlal Jakarta Pusat

3. Wahyudi Ka MI Pembangunan UIN Jakarta Selatan

4. Zainul Ma'arif Ka MTsN 31 Jakarta Timur

5. Nurlaelah Ka MAN 10 Jakarta Barat


Dibaca: 562 kali



Majalah
MAJALAH AKRAB EDISI 4 TAHUN 2022
MAJALAH AKRAB EDISI 4 TAHUN 2022
Info Grafis
Dana Nilai Manfaat
Dana Nilai Manfaat
Renungan
    " Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." --Ibnu Hibban dalam sahihnya 3/255---
    “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah, dan setiap orang yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. (QS. At-Taghabun: 11)
    " Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi" ( Al Araf 7: 23)
    " Allah akan berikan pahala itu bagi orang yang membangun rumah Allah di muka bumi walaupun seperti sarang burung" HR Ibnu Majan 738 ----" Sedekahlah tiap hari walau sedikit"-------
    "Dan janganlah kamu mengatakan orang-orang yang terbunuh di jalan Allah (mereka) telah mati. Sebenernya (mereka) hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya ( Al Baqarah : 154)
    Kematian adalah sebuah keniscayaan yang begitu dekat." Dimanapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggidan kukuh". ( QS. An-Nisa: 78)
    " Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, dan anak tetangganya bisa dihapus dengan Puasa, Shalat, Sedekah, dan Amar Ma'ruf Nahi Mungkar" ( HR.Al Bukhari dan Muslim)
    “Sesungguhnya Kami melihat engkau tergolong sebagai oranng-orang yang berbuat baik.” [Yusuf: 36, 78]
    “Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku’, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.” [At-Taubah: 112]
    Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran (yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit" (Ali Bin Abi Thalib)
    Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. HR. Bukhari
    " Allah memberikan keistimewaan untuk empat bulan haram di antara bulan-bulan yang ada dan diagungkan kemuliaannya bulan itu dan menjadikan dosa yang terbuat serta amal ibadah yang dilaksanakan menjadi lebih besar ganjaran dosa dan pahalanya" Tafsir al Thabari 14/238
Video
Irjen Kemenag RI Faisal Ali Pantau Seleksi Petugas Haji
Irjen Kemenag RI Faisal Ali Pantau Seleksi Petugas Haji