Berita

Kakanwil Kemenag Provinsi Jakarta membuka Lomba Keterampilan Berbahasa dan Bersastra Indonesia Antar Siswa MTs se DKI Jakarta

Selasa, 30 Oktober 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MGMP ) --- Bulan Oktober identik diperingati sebagai hari sumpah pemuda dan bulan bahasa.   Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia MTs Provinsi DKI melaksanakan Lomba Keterampilan Berbahasa dan Bersastra Indonesia memperebutkan piala bergilir yang ke-3.

Kegiatan yang  merupakan  ajang menumbuhkan pencarian  bakat sekaligus meningkatkan keterampilan  berbahasa dan bersastra Indonesia.  Dan dilaksanakan tanggal 29 Oktober 2018 di Museum Bayt Al Quran dan Museum Istiqlal TMII.  

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab menyampaikan apresisasi terhadap  kegiatan ini dengan harapan dapat berkompetisi dalam kegiatan pada ajang keterampilan bahasa   yang lebih tinggi.

" Terus melaksanakan kegiatan ditahun-tahun yang akan datang karena bahasa merupakan garda terdepan dalam mempelajari pengetahuan agar dapat menuju madrasah hebat dan bermartabat," ujarnya.

Peserta dalam lomba kali ini kurang lebih 591 siswa berasal dari 42 MTs Negeri dan 12 MTs Swasta dengan berbagai mata lomba yaitu  cipta puisi, cipta cerpen, baca puisi, musikalisasi puisi, mendongeng, pidato.

Menurut Ketua MGMP, Eni Sugiarti menyampaikan bahwa menganggap perlu diadakan upaya pengakuan dan penghargaan yang berlanjutan terhadap kompetensi yang telah dimiliki peserta didik. Dalam kegiatan ini diharapkan siswa dapat berpartisipasi dengan sungguh-sungguh dan mereka diberikan suatu kebebasan dalam menyalurkan keahlian di bidang bahasa dan sastra Indonesia sekaligus dapat digunakan sebagai ajang asah otak yang mengarah ke hal yang positif.

" Serta diharapkan dapat memacu semangat belajar siswa untuk maju dan lebih memperdalam bahasa Indonesia," imbuh Eni

Sedangkan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah  Nur Pawaidudin berpesan jangan mempersiapkan lomba hanya untuk hari H nya saja, melainkan teruslah berproses untuk berkarya, lomba saat ini harus siapkan untuk tahun berikutnya, tidak patah semanagat dan terus berjuang.

" Jadilah inspirasi adik, teman agar bisa berprestasi, dan kuatkan organisasi MGMP tingkat Nasional untuk menambah wawasan lebih luas," harapnya.

MTs Negeri 24 Jakarta meraih Juara Umum pada kegiaatan LKBBI tahun 2018 tetaplah selalu bersemangat dan terus berkarya dalam kompetisi berikutnya untuk ajang adu bakat terutama menghasilkan siswa berprestasi,  kreatif  serta selalu  berinovasi.

 

penulis:MGMP Bahasa Indonesia

Dewi dan Shally

 

Terkait