Berita

Rekruitmen Petugas Haji 1440 H/2019 M, Kankemenag Kota Jakarta Pusat

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala Kankemenag Kota Jakarta Pusat, H. Mukhobar membuka kegiatan Rekruitmen Petugas Haji 1440 H/2019 M di aula MH Thamrin Kankemenag Kota Jakarta Pusat. Senin (25/02).

Rekruitmen Petugas Haji 1440 H/2019 M diikuti 14 ASN dari unsur JFU, JFT Fungsional Penyuluh, Penghulu, Pengawas, Kepala KUA, dan Kepala Seksi. Kegiatan dipantau pelaksanaannya oleh pengawas dari Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Triyono.

Petugas itu terbagi atas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) sebanyak sepuluh orang, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sebanyak dua orang, dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) sebanyak dua orang.

“Semoga semua bisa lolos seleksi di tingkat Kanwil DKI Jakarta,” harap H. Mukhobar. Tahapan selanjutnya dari Rekruitmen Petugas Haji 1440 H/2019 M adalah seleksi para petugas haji di tingkat Kanwil Kemenag DKI Jakarta.

Tes yang dilakukan secara berjenjang ini secara serentak dilaksanakan di Kankemenag Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. Pada Selasa (5/03) nanti dilaksanakan seleksi di tingkat Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia.

Petugas haji Indonesia terbagi dua, yakni kloter dan non kloter untuk melayani jamaah haji sebanyak 511 kloter. Setiap kloter ada lima petugas, yakni tiga petugas kesehatan (dokter dan perawat) serta petugas pemandu dan pembimbing ibadah haji.

Untuk petugas kloter, 1.022 orang direkrut oleh Kemenag dan 1.533 orang direkrut oleh Kemenkes. Untuk petugas non kloter, 914 orang direkrut oleh Kemenag dan 312 orang direkrut oleh Kemenkes.

Sebanyak 914 petugas dari Kemenag pun terdiri dari unsur-unsur terkait seperti MCH (Media Center Haji), TNI/Polri, Perguruan Tinggi, BPS, Konsultan Ibadah, dan lainnya. “Peran dan fungsi petugas haji itu untuk melayani dan melindungi,” tandasnya. /j15

 

Seleksi Petugas Haji 1440 H/2019 M

Terkait