Berita

Masuki Tahun Politik, FKUB DKI Jakarta Ajak Tokoh Agama Dan Masyarakat Jaga Silaturahmi

Kamis, 27 Desember 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Menjelang akhir tahun 2018, Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Refleksi akhir tahun dan konferensi pers terkait kondisi kerukunan antar uamt agama di Provinsi DKI Jakarta selama tahun 2018.

Kegiatan Refleksi akhir tahun dan konferensi pers dilaksanakan pada Kamis (27/12) dikantor FKUB Provinsi DKI Jakarta, Graha Mental Spiritual lantai 4, Jl. Awaludin II, Kebun Melati-Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Menurut survey Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Kementerian Agama, tahun 2018 yang melibatkan 13.600 responden yang tersebar di 34 provinsi, teknik Multistage Clustered Random Sampling, margin error sebesar 1, 35% dengan tingkat kepercayaan 95%. Ada 5 kategori yang dibuat oleh Puslitbang Bimas dan Pelayanan Keagamaan untuk menentukan tingkat kerukunan yaitu: 0-20 sangat rendah, 21-40 rendah, 41-60 sedang, 61-80 tinggi dan 80-100 sangat tinggi. Dari survey tersebut diketahui bahwa tingkat kerukunan umat beragama secara nasional berada pada angka 70,90 (rentang 0-100). 

Posisi DKI Jakarta ada di mana? Apakah Jakarta menduduki posisi rendah? Tidak! Jakarta menduduki posisi ke 20 dengan skor 70,2. KUB DKI Jakarta, yang berarti tinggi. Dibandingkan dengan skor yang diperoleh pada tahun 2017, DKI Jakarta berada pada 73.9, maka tahun ini mengalami penurunan. Faktor penyebab perubahan bersifat situasional, antara lain pengaruh situasi politik menjelang Pilpres dan Pileg, kata Ketua FKUB DKI Jakarta Syafii Mufid.

Kepala Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta Saiful Mujab menjelaskan Misi Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta yang berperan aktif menjadikan masyarakatnya taat beragama, rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir batin dan Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta tetap menjaga kerjasama dengan FKUB sampai tingkat Kecamatan dalam sosialisasi Kerukunan Umat Beragama. Selama tahun 2018 di DKI Jakarta cenderung kondusif dimana kita saling kerja sama baik dari tingkat kepengurusan hingga tingkat bawah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kakanwil Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab, perwakilan Kesabangpol DKI Jakarta Drs. H. Ridwan Rusli, Kepala Subbagian Hukum dan Kerukunan Umat Beragama (KUB) Taufik, para pimpinan majelis agama di Provinsi DKI Jakarta dan dari awak media cetak, TV dan media online. /baz

  • Tags:  

Terkait