Jakarta,(Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Timur) – MTS N 16 Jakarta Timur menyelenggarakan rapat kerja (raker) tahun pelajaran 2025/2026 pada Senin, (7/7/25). dengan mengusung tema “Inovasi dan Keunggulan Merancang Program Kerja yang Berorientasi pada Peningkatan Prestasi dan Penerapan Pembelajaran Mendalam”. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah strategis untuk menyusun program yang berdampak langsung pada peningkatan mutu pendidikan dan prestasi siswa.
Kepala KanKemenag Kota Jakarta Timur, Zulkarnain menyampaikan pentingnya sivitas akademika madrasah untuk bermuhasabah dalam merancang dan melaksanakan program kerja. Agar selaras dengan program prioritas Kementerian Agama, yaitu ASTAPROTAS.
“Dengan bermuhasabah, jangan sampai ada program kerja yang kurang bermanfaat. Kemenag ada ASTAPROTAS, yaitu 8 program prioritas yang menjadi guidance kita.” ujar Zulkarnain.
Zulkarnain juga menyoroti tentang metode pembelajaran mendalam (deep learning) di lingkungan madrasah. Selain capaian akademik, metode deep learning juga menekankan pada kemampuan berpikir kritis, reflektif, kolaboratif, serta penguatan karakter siswa yang didukung dengan lingkungan belajar tanpa tekanan.
Lanjutnya, Zulkarnain menegaskan kerukunan dalam Islam dan antarumat beragama harus ditegakkan, karena pluralitas atau perbedaan adalah sunnatullah. Sehingga, sivitas akademika madrasah dapat lebih bijak memaknai perbedaan yang ada dilingkungan sekolah.
Selaras dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Hujurat:13 yang artinya wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha teliti.
Kegiatan ini diikuti oleh guru dan karyawan yang seluruhnya berjumlah 60 orang. Melalui rapat kerja ini, diharapkan akan menghasilkan program kerja yang berdampak langsung pada madrasah dalam menghadapi tantangan pendidikan era digital, menciptakan madrasah yang unggul, serta generasi yang berprestasi dan berkarakter.