Senin, 17 April 2017, 16:58

PENGARAHAN PENGAWAS SEBELUM USBN/UAMBN DI MTSN 19 JAKARTA

Jakarta (Humas MTsN 19 Jakarta) -- Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) untuk kelas IX MTs dilaksanakan secara serentak selama 4 (empat) hari mulai tanggal 17-21 April 2017. Suksesnya sebuah kegiatan tanpa persiapan yang matang adalah hal yang mustahil. Demikian pula halnya dengan kegiatan USBN/UAMBN pada kali ini. Persiapan USBN/UAMBN dilaksanakan secara cermat, teliti, dan datail, semua harus terintegrasi, termasuk pengawas ujian yang dilakukan secara silang antar KKM pun dipersiapkan secara matang.

Dari pantauan redaksi di lokasi ujian, sejumlah pengawas silang sudah hadir di MTsN 19 sejak pagi hari. Terlihat dari pancaran wajah para pengawas ujian, mereka tampak semangat dan antusias datang melaksanakan tugas. Kami melaksanakan tugas Negara dengan membawa surat tugas dari instansi kami, jadi kami sangat bangga menjalankan tugas ini. Kami akan jalankan tugas ini dengan penuh tanggung jawab, demikian ungkap Fitriyah salah satu pengawas dari MTs Manaratul Islam mengungkapkan kebanggaanya karena dapat bergabung mengawas USBN/UAMBN tahun ini.

Sesuai dengan POS USBN/UAMBN, pengawas ujian berstandar nasional harus disilang antar-KKM, setiap 20 siswa peserta ujian harus diawasi oleh dua pengawas ujian. Seperti diketahui, jumlah siswa kelas IX MTsN 19 adalah seratus siswa dengan demikian terbagi menjadi lima ruang ujian. Dengan lima ruang ujian tersebut diperlukan sekurang-kurangnya sepuluh pengawas ujian. Dalam arahannya kepada para pengawas ujian berstandar nasional, Retno Dewi didampingi oleh ketua USBN/UAMBN MTsN 19 menekankan agar pengawasan dilaksanakan secara objektif, tegas, dan merata. Obejktivitas pengawas diartikan agar para pengawas ujian tidak membeda-bedakan peserta ujian, kejujuran peserta ujian mutlak diperhatikan, hal ini salah satu indikator integritas madarasah.

Kepala MTsN 19 juga meminta kepada para pengawas agar dapat menciptakan suasana ujian yang nyaman, tenang, dan kondusif sehingga siswa dapat berkonsentarsi dalam mengerjakan soal-soal USBN/UAMBN. Anggaplah siswa-siswa di sini seperti anak Bapak/Ibu sendiri agar mereka nyaman dalam mengerjakan soal sehingga hasilnya makasimal. Demikian disampaikan oleh Retno Dewi. Seperti diketahui bahwa salah satu penentu kelulusan siswa adalah hasil USBN/UAMBN sehingga diharapkan pada saat pelaksanaan ujian dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif.

Sementara, itu ketua pelaksana USBN/UAMBN MTsN 19 menambahkan dengan pengarahan teknis pengawas ujian, tata tertib pengawas, dan hal-hal lain dianggap perlu saat pelaksanaan ujian. Kami berterima kasih atas kerja sama Bapak/Ibu pengawas dan kehadiran di madrasah ini. Harapan kita agar anak-anak didik kita dapat nyaman selama ujian berlangsung dan mendapatkan hasil yang maksimal. Demikian tutup ketua pelaksana, Iin Aulia, yang sehari-harinya menjabat sebagai wakil bidang kurikulum. Semoga sepekan ke depan baik siswa peserta ujian, pengawas, panitia, dan seluruh suppurting unit yang terlibat dalam USBN/UAMBN kali ini diberi kesehatan, kemudahan, dan kelancaran dalam beraktivitas. (rDha).

Berita Lainnya
Sabtu, 22 April 2017, 10:49

KASI PEMAD MONEV PELAKSANAAN UAMBN-USBN DI MTSN 34 JAKARTA

Sabtu, 22 April 2017, 10:11

ARAHAN KEPALA MTsN 34 JAKARTA KEPADA PEMGAWAS UAMBN-USBN

Sabtu, 22 April 2017, 07:31

MTSN 34 JAKARTA; AWALI UAMBN DENGAN BIMBINGAN MOTIVASI DAN DOA SUKSES BERSAMA

Sabtu, 22 April 2017, 06:38

Belajar Melalui Observasi Ke Pusat Penelitian, Peserta Didik MTsN 32 Jakarta Outing Class Berkarakter Sains

Jumat, 21 April 2017, 14:25

HARI TERAKHIR PPDB ONLINE MTS N 39, JUMLAH PENDAFTAR LEBIH DARI 300 ORANG