Berita

Wisuda MAN 20 Jakarta Angkatan X “Jadilah Alumni Madrasah Pecinta Ilmu”

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 20 Jakarta) – Sebanyak 131 peserta didik MAN 20 Jakarta Timur tahun ini mengikuti kegiatan Pelepasan Peserta Didik Angkatan X Tahun Pelajaran  2018/2019 yang bertempat di Gedung C Walikota Jakarta Timur, Minggu ( 28/4/ 2019 ).

Wisuda tahun ini bertajuk “Wujudkan Potensi Diri, Raih Prestasi dengan Integritas Tinggi dan Jiwa Mandiri Menuju Masa Depan Penuh Arti”.

Prosesi wisuda yang disaksikan langsung oleh para orangtua dan tamu undangan juga dihadiri pula oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta, Kasi GTK Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta, Ketua dan Pengawas Komite MAN 20 Jakarta Timur dan pengawas madrasah.

Dalam sambutannya, Kakanwil mengapresiasi terlaksananya even Wisuda/Pelepasan kepada para panitia, staf pimpinan MAN 20 Jakarta Timur sebagai stake holder (pemangku kepentingan) mewujudkan madrasah hebat bermartabat.

Kakanwil juga mengatakan menjadi alumni madrasah adalah kebanggaan dengan dua keuntungan ganda, keuntungan dunia dan akherat. Sebab di madrasah, para siswa ditanamkan nilai-nilai pengetahuan agama, teori dan praktis yang kelak berguna dalam kehidupan mereka.

“Banggalah kalian menjadi menjadi alumni madrasah. Lanjutkan dan aplikasikan kebiasaan shalat Dhuna, shalat Hajat dan Tadarus Quran sebagai bentuk kesadaran beragama hingga kalian bisa menjadi contoh dan teladan di tengah kehidupan masyarakat pluralistik dan multikultural” ujar Kakanwil dihadapan 58 peminatan IPA dan 73 peminatan IPS.

Sedangkan Kepala MAN 20 Jakarta Timur, Aceng Solihin berpesan kepada para wisudawan, bahwa kelulusan bukanlah akhir segalanya. Justru itu menjadi langkah awal menapaki tangga kesuksesan berikutnya. “ Jangan berhenti menuntut ilmu pengetahuan, tetap menjunjung tinggi akhlakul karimah dimanapun kalian berada. Jadilah sosok alumni MAN 20 Jakarta Timur pecinta ilmu yang selalu menjunjung nilai-nilai SPIRIT (Santun, Peduli, Integritas, Responsif, Inovatif, dan Tanggungjawab).

"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah diterima di perguruan tinggi negeri’  tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Endah Ismiyati selaku Wakil Bidang Kesiswaan mengumumkan  daftar nama-nama wisudawan berprestasi Bidang Akademik dan Non Akademik. Prestasi bidang akademik oleh Rosidah Hayati dengan rerata nilai 85,6 pada Peminatan MIPA dan Ridwah Nur Husnina dengan rerata nilai 87,07 pada Peminatan IPS.

Selanjutnya, nama-nama wisudawan berprestasi di Jalur SNMPTN Undangan antara lain Khadijah Khuwailid ( UIN Jakarta, Della Aulia ( IAIN Salatiga), Amalia Hidayati dan Aulia Utari ( IAIN Cirebon), Qanita Rafida ( IAIN Purwekerto), Welly Dohan ( IAIN Tulungagung), Saeful Anwar ( PNJ), dan Sri Rahmatul Ningsih  ( PNJ Media Kreatif). Terakhir, nama-nana wisudawan berprestasi bidang non-akademik antara lain Muhammad Ilham ( Futsal), Novita Sari ( Pencak Silat ) dan Ikhsan Nurdin Koto ( Taekwondo ).

Terlihat, Beragam tampilan memukau semakin menambah semarak dan kagum para penonton dan tamu undangan yang hadir. Mulai dari performa Angklung, Pidato 3 Bahasa, Tari Saman, Puisi Musikal dan ditutup dengan prosesi pengukuhan wisudawan MAN 20 Jakarta Timur oleh Kepala MAN 20 Jakarta Timur dan dewan guru. ( Firmansyah )

Terkait