Jakarta (Humas MIN 17 Kepulauan Seribu) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 17 Kepulauan Seribu melaksanakan upacara bendera dengan khidmat. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa dan guru di halaman sekolah yang asri, di tengah situasi nasional yang sedang diwarnai banyak aksi demonstrasi di berbagai daerah. Senin, (1/9/2025).
Upacara dipimpin oleh salah seorang siswa sebagai petugas, sementara Hermansyah, Koordinator Sarana dan Prasarana (Sarpras) MIN 17 Kepulauan Seribu, bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, Hermansyah menekankan pentingnya rasa syukur, terutama ketika sebagian sekolah di Indonesia harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat kondisi keamanan yang tidak kondusif.
Menurut Hermansyah, siswa MIN 17 Kepulauan Seribu masih diberikan kesempatan lebih baik karena bisa tetap belajar tatap muka. “Kita harus bersyukur karena lingkungan kita tetap aman, sehingga proses belajar bisa berjalan normal dengan bertatap muka,” ujarnya di hadapan peserta upacara.
Selain bersyukur, Hermansyah juga mengingatkan agar para siswa menjaga lingkungan sekitar agar tetap aman dan kondusif. Dengan lingkungan yang bersih dan tertib, proses pendidikan dapat berjalan lancar tanpa hambatan berarti.
Tidak hanya itu, Hermansyah juga mengajak seluruh siswa untuk berdoa bersama demi kebaikan dan keamanan bangsa Indonesia. Ia menegaskan bahwa doa merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam menjaga ketenangan serta keberlangsungan pendidikan di tanah air.
Pelaksanaan upacara ini berjalan tertib dan penuh kedisiplinan. Para siswa laki-laki tampak rapi dengan seragam putih dan rompi hijau, sementara siswi mengenakan seragam putih dengan kerudung putih. Suasana khidmat semakin terasa saat doa bersama dipanjatkan.
Melalui kegiatan rutin ini, MIN 17 Kepulauan Seribu berkomitmen membentuk generasi yang disiplin, religius, dan berkarakter. Pesan Hermansyah menutup upacara dengan penegasan bahwa rasa syukur, doa, dan kepedulian terhadap lingkungan adalah kunci untuk menghadapi kondisi bangsa yang tengah penuh tantangan. (j)