Berita

Siswa Kelas XII MAN 20 Jakarta Timur Ikuti Try Out 1 UNBK 2018

Rabu, 28 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 20 Jakarta ) --- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA tahun 2019 akan digelar April mendatang. Sejumlah  persiapan teknis mulai dilakukan MAN 20 Jakarta Timur guna membekali pengetahuan teknis para siswa tentang aplikasi ujian berbasis komputer melalui simulasi Try Out secara berkala.

Kegiatan Try Out 1 UNBK dilaksanakan sejak hari Selasa – Kamis, 27 – 29 November 2018 yang diikuti oleh 133 siswa kelas XII MIPA/IPS.  Pelaksanaan Try Out ( TO ) berlangsung sejak pukul 07.00 pagi hingga pukul 15.00 WIB yang terbagi menjadi 3 sessi dan bertempat di ruang multimedia.

Jumlah mata pelajaran yang diujiankan sebanyak 4 mata pelajaran. Hari pertama adalah mata ujian Bahasa Indonesia dan Matematika. Hari kedua adalah mata ujian Bahasa Inggris dan hari ketiga mata ujian pilihan. Kegiatan simulasi TO 1 UNBK dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama berlangsung pada pukul 07:00 – 09:00, sessi kedua pukul 10:00 – 12:00, dan sessi ketiga pukul 13:00 – 15:00.

Wakil Kurikulum MAN 20 Jakarta, Miftahul Jannah, M.Si mengatakan, simulasi Try Out UNBK digelar dengan tujuan mempersiapkan mentalitas siswa kelas XII menghadapi UNBK pada April mendatang. Selain faktor kesiapan mental, dalam simulasi ini para siswa diajarkan langkah-langkah teknis pengerjaan soal UNBK online  (daring ). Mulai dari cara login (masuk ) ke server, menuliskan username dan password, nomer token, tahap awal mengerjakan soal dan tahap akhir penyelesaian soal hingga proses logout (keluar ) dari server komputer yang dipandu oleh pengawas dan proktor.

Menurut Aulia Utari perwakilan kelas XII MIPA1, menuturkan bahwa ia tidak menemukan kendala berarti dalam mengerjakan soal-soal TO UNBK. “ Pada prinsipnya saya mampu mengerjakan soal-soal Try Out sambil mengukur kecepatan waktu dalam mengerjakannya. Kendala teknisnya terletak pada kapasitas bandwith jaringan komputer  yang lamban, namun kendala tersebut bisa ditangani dengan cepat oleh teknisi dan proktor “ ungkapnya.

Mitha juga menjelaskan jenis soal simulasi Tru Out adalah pilihan ganda, 40 butir soal. Artinya dalam waktu 90 menit para siswa dituntut mampu mengerjakan soal-soal mata ujian dengan cepat, teliti dan efisien. Dia berharap kegiatan simulasi TO 1 UNBK tahun ini berjalan lancar tanpa menemui kendala berarti.  ( Firmansyah )

 

Terkait