Berita

Shalawat, Bukti Cinta Kepada Nabi Muhammad SAW

Senin, 27 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas Jaksel) --- Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan menggelar acara pengajian.Hadir sebagai penceramah dalam kegiatan tersebut,  Penyuluh agama KUA Kecamatan Pesanggrahan  Lilis Nurul Aflah.

Dalam tausiahnya yang bertema bukti cinta kita kepada Rasulullah SAW, Lilis mengatakan Di zaman sekarang ini banyak orang yang merasa kesulitan untuk menjadikan Rasulullah sebagai seorang idola dengan alasan ia tidak pernah melihat beliau. Padahal menurut Lilis untuk mencintai Rasul, kita tidak perlu membayangkan fisiknya akan tetapi kenalilah beliau dari keagungan budi pekertinya dan kepribadiannya yang agung.

“Tidak selalu jika cover buku yang indah mencerminkan atau menjamin isi buku itu bermutu,” ujar Lilis, Rabu (22/11).

Menurut  Lilis, pada zaman sekarang ini hendaknya tidak tertipu dengan suatu penampilan yang terlihat bagus dari luar saja tapi belum tentu bermutu di dalam. Untuk itu kita perlu mengetahui bagaimana akhlak yang sesungguhnya diajarkan oleh Rasulullah.

Lilis juga menerangkan bahwa ada beberapa keutamaan bershalawat sebagai bukti kita mencintai Rasulullah SAW. Pertama, anjuran untuk membaca shalawat, merupakan perintah Allah dalam surat Ahzab : 56. Pada ayat tersebut diterangkan bahwa Allah bershalawat kepada nabi Muhammad itu bermakna memberikan Rahmat, malaikat bershalawat dengan maksud memohonkan maghfiroh Allah sedangkan orang-orang beriman dianjurkan untuk banyak bershalawat karena kita memohonkan syafaat kepada beliau agar kita selamat dunia akhirat.  

Kedua, dengan bershalawat maka rasa cinta kepada Rasul semakin nyata. Ketiga, dengan bershalawat merupakan ungkapan rasa terimakasih kepada Rasul yang telah memperjuangkan dan menyampaikan risalah agama islam agar manusia bahagia dunia dan akhirat.

“Jadi pantaslah kiranya kalau moment maulid selalu menjadi peringatan akbar di kalangan umat islam yang menginginkan syafaat Rasulullah,” ujar Lilis.

Sementara itu Ketua DWP KanKemenag Jaksel, Rosyadah saat diwawancarai usai pengajian mengharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini anggota DWP KanKemenag Jaksel dapat meniru sifat Rasulullah sehingga memiliki kepribadian yang lebih baik lagi dan menerapkannya di rumah tangganya masing-masing dan dapat mendukung karir para suami.

“Semoga juga dapat lebih mempererat persahabatan dan persaudaraan di kalangan ibu-ibu dharma wanita Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan,” tutup Rosyadah.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula lantai tiga Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan ini, dihadiri oleh Ketua DWP KanKemenag Jaksel Rosyadah, pengurus dan anggota DWP KanKemenag Jaksel. RS/ilm/ilm

  • Tags:  

Terkait