Berita

SEMARAKKAN RAMADHAN, GURU DAN SISWA MTS N 39 RUTINKAN TADARRUS QUR’AN PAGI DAN SHOLAT DHUHA

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTs N 39) -- Madrasah Tsanawiyah Negeri 39 Jakarta mengadakan kegiatan amaliah ramadhan berupa tadarrus Al Qur’an dan shalat dhuha. Kegiatan ini merupakan program rutin yang diadakan setiap tahun dalam rangka menyemarakkan bulan ramadhan sebagai bulan penuh ibadah dan pahala.

Menurut Taryono, selaku Wakabid Kesiswaan, “Tujuan kegiatan amaliah ramadhan di MTs N 39 selain untuk menyemarakkan bulan puasa adalah untuk membiasakan siswa aktif mengaji dan rajin shalat sunnah di bulan puasa”.

Kegiatan tadarrus dan shalat dhuha  dilaksanakan setiap hari sebelum dimulainya KBM. Seluruh siswa dan guru serta tenaga tata usaha bersama-sama melakukan tadarus dan shalat dhuha di masjid Nurul Anshor MTs N 39.

Adapun Surat yang dibaca dalam tadarrus adalah  3 juz terakhir Al Qur’an. Di hari ketiga ini, guru yang bertugas membimbing tadarrus dan shalat dhuha adalah Suryadi, S.Pd.

Selain tadarrus Qur’an dan shalat dhuha, termasuk amaliah ramadhan adalah kegiatan kutum selepas shalat dhuhur. Kultum disampaikan oleh guru secara bergantian setiap harinya.

Lanjut Taryono, "Kegiatan amaliah ramadhan berupa tadarrus Qur’an, shalat dhuha dan kultum sangat bermanfaat dan cukup membantu dalam pembentukkan karakter siswa madrasah, khsususnya MTs N 39". AR

Terkait