Berita

Seleksi PPDB Tahun 2019/2020, Calon Pesdik MTsN 32 Jakarta Ikuti Tes CBT Online

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

JAKARTA (Humas MTsN 32 Jaksel) -- Sebanyak 64 calon peserta didik MTs Negeri 32 Jakarta mengikuti tes CBT sebagai rangkaian tahapan dalam seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2019/2020 di ruang laboratorium komputer MTs Negeri 32 Jakarta, Sabtu (25/5).

Mereka berhak mengikuti tes CBT setelah dinyatakan lulus seleksi berkas jalur Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan jalur prestasi oleh panitia seleksi PPDB online Kantor Kementerian Agama Wilayah (Kanwil) Provinsi DKI Jakarta.

Terkait pelaksanaan sistem CBT, ketua penyelenggara, Sopiyulloh menjelaskan, Sistem CBT yang mulai diterapkan pada Ujian Nasional tahun 2015, saat ini sudah mulai diterapkan pada ujian Penerimaan Peserta Didik Baru di lingkungan Kantor Kementerian Agama Wilayah (Kanwil) Provinsi DKI Jakarta tahun ini.

"Sistem ini digunakan untuk meminimalisasi kecurangan atau kebocoran soal yang sering terjadi pada saat ujian menggunakan paper test, mencegah keterbatasan soal, kerusakan pada soal sehingga tidak keluarnya hasil setelah diperiksa." Ujarnya.

Dari segi efektivitas, sistem CBT akan mengurangi biaya pelaksanaan karena tentu tidak diperlukannya mencetak soal dan lembar jawaban dengan kertas, distribusi soal, pengawalan soal dari pihak keamanan serta mengurangi biaya mengoreksi hasil ujian dengan scanning LJK dan scoring yang membutuhkan waktu lebih lama.

Umar Ubaidillah, operator pelaksana menambahkan bahwa ujian dengan sistem CBT, lebih praktis, lebih gampang dan membuat peserta ujian lebih fokus. Tidak ribet dan lebih hemat waktu karena tidak perlu lama-lama mengisi lembar jawaban, tidak perlu menghapus kalau ada yang salah, tidak adanya kesalahan pengisisan data diri dan kode soal.

"Iya, ada waktu juga di layar sehingga bisa memaksimalkan waktu yang tersedia. Semakin efektifnya dalam mengerjakan soal tentu semakin banyak soal yang bisa dijawab dan pasti kemungkinan lulus juga semakin besar." Paparnya.

Kepala madrasah, Hj. Makiyah, menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas pelaksanaan PPDB CBT online yang berjalan dengan lancar. "Terimakasih kepada semua yang telah membantu pelaksanaan tes CBT online ini, khususnya para operator di kanwil dan madrasah yang berjuang mewujudkan madrasah berdigital di era globalisasi ini." Tegasnya./yyt76

Terkait