Berita

Rasyid: Guru Jangan Segan Untuk Mengevaluasi Hasil Pembelajaran

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas Jakut) --- H. Rasyid H. Usman membuka Workshop Merancang Pembelajaran dan Penilaian Hots MAN 21 Jakarta Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Kegiatan unggulan di MAN 21 binaan H. Syamsurial ini diikuti oleh perwakilan seluruh Guru Aliyah baik Negeri maupun Swasta se-Jakarta Utara. Kamis (13/09)

Di hadapan puluhan Pendidik tingkat Atas tersebut, Rasyid menjelaskan arah kebijakan Pendidikan Islam Tahun 2015-2019. Dikatakannya, bahwa proses pendidikan adalah merupakan sesuatu yang harus dilakukan terus menerus dengan tetap meningkatkan SDM para Pendidik  itu sendiri.

“Madrasah yang baik adalah yang mampu menyediakan ruang kelas yang berkualitas untuk kenyamanan proses belajar dan mengajar,” buka dia

Tak hanya itu, Rasyid juga mendorong peserta Workshop untuk selalu meningkatkan kualitas dirinya  dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Hal ini dimaksudkan agar para Pendidik mampu bekerja secara professional.

Pembinaan yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB di Aula Pertemuan ini dibanjiri beberapa pertanyaan dari peserta seputar tugas dan fungsi Guru. Menyikapi hal ini, Rasyid mengatakan bahwa tugas dan fungsi seorang Guru tidaklah lebih dari tiga hal saja yaitu Guru mampu merencanakan pembelajaran, memberikan pelajaran (sesuai rencana) dan mengevaluasi.

“Guru harus mampu mengarahkan peserta didik baik di dalam maupun di luar kelas. Tidak hanya sekedar merancang tapi juga komit dengan apa yang telah direncanakan dan tidak segan-segan untuk mengevalusasi hasil pembelajaran,” tutup dia./Z

Terkait