Berita

Proses Persiapan Pemantauan Hilal Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta

Senin, 3 Juni 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) - Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta sore ini akan melakukan pemantauan hilal untuk menentukan 1 syawal 1440 H. Pemantauan hilal ini dihadiri Kepala Bagian Tata Usaha H.Sadirin didamping Kepala Bidang Urais dan Binsyar H.Purwanto, Senin (03/06)

"Hari ini kita akan melakukan pemantauan hilal, tepatnya di lantai 7 Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta" Ujar Purwanto

Sebelum melakukan pemantauan hilal secara langsung, Purwanto menyampaikan bahwa akan dilakukan pemaparan terlebih dahulu untuk rekan-rekan media, guna mengetahui posisi hilal terkini.

Untuk melakukan pemantauan hilal, Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta akan menggunakan 3 alat teleskop untuk melihat posisi hilal.

Ada empat titik pemantauan hilal yang dilakukan di Provinsi DKI Jakarta diantaranya di Pulau Karya Kab Kep.Seribu, Masjid Al-Hidayah Musyari'in Basmol Kembangan Jakarta Barat, Team Al-Makmur Kelender Jakarta Timur dan Lantai 7 Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta.

"Nantinya hasil pantauan posisi hilal akan kami laporkan langsung ke Kementerian Agama Republik Indonesia," Ujar Kabis Urais dan Binsyar

Apabila nantinya posisi hilal tidak terlihat dari lantai 7 Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, keputusan jatuhnya 1 Syawal 1440 H akan ditetapkan pada sidang isbat yang akan dilakukan di Kementerian Agama Republik Indonesia pada pukul 16.00 WIB di Auditorium H.M Rasjidi, Kementerian Agama.

Terkait