Berita

Persiapan Masuk PTN, MAN 16 Jakarta Gelar Seminar Tips dan Triks Tembus PTN

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 16 Jakarta) --- Kepala Madrasah Aliyah Negeri 16 Jakarta menyampaikan bahwa, kunci keberhasilan hidup seseorang dalam karir yang ditempuhnya antara lain miliki tujuan, buat perencanaan, jalani setiap prosesnya dengan ketekunan dan optimisme serta miliki kemauan untuk selalu belajar. Hal ini disampaikan Ahmad Sarpandadi pada kegiatan seminar Tips dan Triks Tembus PTN di aula MAN 16 Jakarta.

“Jangan menutup diri terhadap hal-hal baru. Berpikirlah terbuka dan merdeka untuk menerima keterampilan dan pengetahuan baru. Disaat gagal, kita bisa saja kehilangan modal, usaha maupun asset. Namun kita tidak pernah kehilangan isi kepala kita. kita akan belajar dari kegagalan yang dialami,” ujarnya dihadapan 209 peserta didik kelas XII.

Selain itu Sugianto menyampaikan tips untuk dapat lolos PTN, yang bisa ditempuh melalui berbagai jalur diantaranya SNMPTN, SBMPTN, PMB dan lainnya

“Jauh-jauh hari sudah harus menentukan pilihan program studi yang diinginkan, sehingga bisa terus mengasah kemampuan diri dan meng update segala informasi terkini dan membuat perencanaan yang matang”, jelas alumni S2 Fisika Universitas Indonesia.

“Memang benar perguruan tinggi ternama pasti menjadi idaman bagi para siswa, tentu banyak peminatnya. Akan tetapi tinggiya persaingan tersebut jangan membuat kecil hati, justru menjadi sebuah tantangan yang harus ditaklukkan,” tambah BKB Nurul Fikri.

Menurut Halimah siswa kelas 12 IPA, Kiat-kiat yang disampaikan kak Sugianto sangat aplikatif, satu hal yang terpenting adalah jangan berspekulasi baik dalam memilih jurusan dan kampus yang kita inginkan maupun saat menyelesaikan setiap soal yang kita kerjakan di UTBK nanti.

“Semoga nanti banyak siswa MAN 16 Jakarta khususnya angkatan 2019 ini yang lulus PTN dari jalur manapun,” harapnya.

Terkait