Berita

Peringati Hari Gizi Nasional, Siswi MAN 13 Ikuti Sosialisasi Penyakit Anemia

Kamis, 27 Januari 2022
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 13) --- Seluruh Siswi dan Pendidik Perempuan MAN 13 Jakarta mengikuti sosialisasi penyakit anemia di Masjid Bahrul Ulum MAN 13 Jakarta. Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Gizi Nasional Ke 62.

“Anemia merupakan suatu keadaan di mana tubuh kekurangan sel darah merah sehat. Biasanya ditandai dengan kadar HB yang kurang dari 12 persen. Siswi lah yang paling rentan terkena anemia, Kenapa? Karena mereka haid,” ujar salah satu nakes Puskesmas Lenteng Agung, Riri.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kekurangan darah dapat berakibat pada turunnya konsentrasi dalam belajar.  Tidak hanya itu, siswi juga dapat mengalami 5L, yaitu letih, lesu, lemah, lelah dan lunglai.

“Sel darah merah itu kalau kita ibaratkan seperti alat transportasi di dalam tubuh. Dia membawa sari-sari makanan dan oksigen ke dalam otak. Otak itu sangat membutuhkan oksigen untuk belajar,” jelasnya.

“Dan biasanya kurangnya konsumsi sumber makanan yang berisi zat besi seperti protein hewani dan sayur-sayuran hijau,” tambahnya.

Terkait kegiatan ini, Pembina Palang Merah Remaja (PMR) MAN 13 Jakarta mengungkapkan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita sebagai perempuan, sehingga dapat mengetahui makanan yang bergizi.

“Acara ini sangat bermanfaat bagi kita sebagai Perempuan, sehingga kita mengetahui perlunya ada asupan lain selain makanan makanan bergizi,” ungkap Yuniar.

Di akhir pertemuan, Riri membagikan suplemen atau vitamin penambah darah kepada para siswi dan guru yang hadir.

Terkait