Berita
Utsawa Dharmagita XV

Pembukaan Utsawa Dharmagita, Menag : Membangun Generasi Emas Beriman dan Bertakwa

Rabu, 10 Juli 2024
blog

Surakarta (Humas Kemenag DKI) --- Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, makna tema Utsawa Dharmagita tahun ini mengandung makna yang sangat mendalam dan relevan dengan upaya kita mempersiapkan sumber daya manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha esa, melalui pemahaman dan penghayatan terhadap nilai esensi sastra suci Hindu.

 

“Sehingga diharapkan mampu mencapai kebijaksanaan yang sejati atau para Martapura yang menjadi landasan kokoh Dan unggul untuk generasi emas 2045,” ujarnya saat membuka secara resmi kegiatan Utsawa Dharmagita Ke XV di Pura Mangkunegaran, Selasa (09/07).

 

Salah satu pilar utama dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, menurut Menag melalui pengembangan sumber daya manusia unggul dan tidak ahanya cerdas dan terampil tetapi juga memiliki akhlak mulia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

“Dengan wiraga atau gerak tubuh, wirawa oleh pola irama atau instrumental, wirasa pola perasaan dan wibawa pola pikiran,” jelasnya.

 

Selain ajang sastra dan fungsi keagamaan, Utsawa Dharmagita dapat menanamkan nilai-nilai luhur dan kearifan lokal yang akan menjadi pondasi bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan globa, mereka akan tumbuh menjadi individu yang tidak hanya kompeten secara intelektual tetapi juga kaya akan spiritualitas dan moralitas.

 

“Ajang ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk kepribadian yang kuat dan berkarakter,” imbuh Menag.

 

Dalam kesempatan ini, Menag juga meresmikan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STHN) Jawadwipa. Beliau berharap, akan lahir generasi muda Hindu yang tidak hanya unggul dalam bidang akademis tetapi juga memiliki integritas memiliki moralitas dan sekaligus spiritualitas yang kuat.

 

“Kami juga berharap, STHN Jawa Dwipa yang telah kerja keras diwujudkan ini mampu menjadi center profesional atau pusat keunggulan dalam pendidikan agama Hindu terutama di pulau Jawa,” harapnya.

 

Sebagai bangsa yang memiliki keragaman budaya dan agama di Indonesia dan menjunjung tinggi nilai toleransi keagamaan, Menteri Agama juga melaunching Kitab Suci Agama Hindu Disabilitas.

 

“Ini salah satu wujud dari komitmen untuk memberikan perhatian khusus kepada saudara saudara kita yang memiliki keterbatasan,” pungkasnya.

 

Perhelatan Utsawa Dharmagita (UDG) Ke XV dimulai pada 8 – 12 Juli 2024 dengan diikuti sebanyak 1.561 orang terdiri atas 1.324 peserta dan 237 official.

  • Tags:  

Terkait