Jakarta (Humas MTsN 16) --- Siswa kelas 7B yang juga merupakan kelas Tahfidz ini menemukan permainan murojaah Tahfidz yang diberi nama “Dompu Tahfidz” sekaligus bagaimana teknik pemanfaatanya dalam pembelajaran Our door dengan tujuan agar pembelajaran tahfidz memiliki multi pengembangan diri, kompetensi, kompetisi, games dan sekaligus edukasi sehingga pembelajaran menghafal ini menjadi menyenangkan.
“Awal mulanya saya monitoring kelas menemukan anak bermain dompu di kelas 7B, kemudian saya arahkan bagaimana jika permainan dompu ini dikembangkan menjadi media pembelajaran,maka secara kolaboratif siswa mengusulkan model gambar,cara bermain dan bagaimana membuat soalnya, setelah mereka sepakat ,anak-anak tahfidz ini patungan untuk mencetak spanduk “ Ujar Saifudin guru tahfidz menuturkan.
“Permainan ini sama persis dengan permainan dompu, hanya bedanya dalam setiap kotak ada soal yang berisi perintah murojaah ayat dan surat tertentu, jika berhasil membaca dan dianggap betul oleh mentor lawan,maka boleh melangkah ke permainan berikutnya,jika gagal maka diganti orang, semakin cepat menempati posisi puncak dialah pemenangnya “,Ucap Zahwa kelas 7B ini memberikan ide.
“Bagus juga,Permainan edukasi ini membuat siswa tertawa, kerjasama,bersaing dan menyusun strategi permainan sehingga aspek 4 c plus literasi terakomodir dalam permainan ini”,Tutur Faizah Kepala Madrasah mengapresiasi kreativitas pembelajaran ini.