Berita

Pelangi Matematika 2018: MIN 9 satu podium dengan SDK penabur

Rabu, 31 Oktober 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MIN 9 Jakarta Selatan) --- Pelangi Matematika adalah olimpiade nasional festival MIPA yang merupakan kegiatan rutin Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sarana kepada siswa menguji kemampuan bidang matematika, memberikan motivasi untuk lebih menyenangi matematika, dan melatih siswa untuk berkompetisi secara sehat.

MIN 9 Jakarta Selatan sejak tahun 2014 mengikuti Pelangi Matematika. Di dua tahun pertama hanya pada sampai babak semi final. Baru pada tahun 2017 berhasil masuk babak final. Perolehan medali yang didapatkan pada tahun 2017 adalah perunggu.  

Di Pelangi Matematika tahun 2018, para pendaftar di babak penyisihan berjumlah 112 orang.  Dari jumlah tersebut yang masuk babak semi final hanya 38 orang. Di babak final hanya tersisa 5 orang.  Babak final digelar pada hari Sabtu, 27 Oktober 2018 bertempat di Gedumg Dewi Sartika gedung A Universitas Negeri Jakarta.

Kali ini, MIN 9 Jakarta Selatan mengirimkan 7 orang di babak penyisihan. Dari tujuh siswa yang mengikuti, 4 siswa yang bisa masuk ke babak semi final, yaitu: Farras Fakhril Anam, Fauzi Kemal, Nararya Cheta, dan Tofiqurrahman.  Di babak final dari 4 siswa yang terpilih hanya satu siswa yang berhasil masuk ke babak final, yaitu Fauzi Kemal.

Babak final adalah babak yang paling mendebarkan. Lawan-lawannya adalah yang biasa menjuarai olimpiade matematika nasional dan internasional. Lawan MIN 9 Jakarta Selatan ialah: SDK 4 Penabur Jakarta, SDI Aththira Makasar, SDK  Penabur Gading Serpong, dan SD Darma Bangsa Jakarta. Babak final dimulai pada pukul 11.00 – 14.50. baru pada pukul 16.00 WIB pengumuman pemenang dibacakan.

MIN 9 Jakarta Selatan berhasil satu podium dengan SDK Penabur Jakarta dan Gading Serpong. MIN 9 berhasil mendapat juara ketiga. Prestasi yang lebih baik dibanding tahun 2017.”Semoga tahun depan kita berhasil merebut juara satu.” Demikian ujar Syarif Hidayatullah, pelatih dan pembimbing eskul Bengkel Mipa MIN 9. (IP/MIN9/PIC)

Terkait