Berita

Pelaksanaan PAS Semester Ganjil di MAN 19 Jakarta

Selasa, 4 Desember 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta, (Humas MAN 19 Jakarta) --- Kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap akhir semester yang berfungsi untuk memberikan evaluasi bagi peserta didik tentang pembelajaran yang dilakukan dalam satu semester berjalan.

Di MAN 19 Jakarta, pelaksanaan Penilaian Akhir  Semester (PAS)  Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 dimulai sejak hari Rabu, tanggal 28 November 2018 dan akan berakhir pada hari Kamis, tanggal 6 Desember 2018. Kegiatan PAS ini dilaksanakan melalui Computer Based Test (CBT) yang diikuti oleh sekitar 690 siswa kelas X, XI, dan XII. Materi soal dibuat menggunakan aplikasi Schoology. Siswa mengerjakan soal melalui Online yang tentu saja mereka diharuskan membawa Laptop atau netbook  dan menyediakan paket data sendiri.

Ada beberapa kendala dalam pelaksanaan tes hari pertama ini. Hal ini disebabkan ada beberapa siswa yang tidak mengikuti simulasi sehingga mereka belum tahu apa yang harus mereka lakukan.  Jaringan internet kadang menjadi kendala bagi sebagian siswa.

Menurut Adiva Alifia, siswi kelas XII MIPA 2 mengatakan bahwa tes dengan menggunakan CBT ini bukan merupakan sesuatu yang asing. “Kan kita sudah menggunakan tes semacam ini sejak di Madrasah Tsanawiyah pada Ujian Nasional. Tahun lalu juga kita sudah melaksanakan tes  Online seperti ini. Lebih mudah dan praktis bu”. Tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Azifa Nur Amaliyah, siswi kelas X IPS 2 berpendapat tidak beda dengan Adiva. “Lebih mudah bu, dan lebih sederhana cara mengerjakannya.” Jelasnya.

Sedangkan Rasuna selaku guru biologi mengatakan bahwa pelaksanaan PAS dengan Online ini tentu saja sangat bermanfaat.  “Soal yang kita buat itu lebih tearsipkan dibandingkan dengan Paper Based Test. Dan kita sebagai guru memang sudah harus mengikuti perkembangan zaman, penggunaan IPTEK sudah merupakan suatu keharusan bagi seorang guru zaman NOW.” Tuturnya.

Terkait