Berita

MTSN 17 JAKARTA: WUJUDKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA MELALUI KEGIATAN P5P2RA

blog

Jakarta (Humas MTs Negeri 17 Jakarta) -- Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA) merupakan kegiatan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk siswa yang memiliki kompetensi abad ke-21 dan karakter yang berakar pada nilai-nilai Pancasila dan Islam Rahmatan Lil Alamin.

 

Profil Pelajar Pancasila sendiri dirumuskan dengan enam dimensi kunci yakni (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) Berkebinekaan global; (3) bergotong royong; (4) mandiri; (5) bernalar kritis; (6) kreatif. Perwujudan dari keenam dimensi tersebut dalam Kurikulum Merdeka disebut projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek.

 

Kegiatan P5 di MTs Negeri 17 Jakarta dilaksanakan selama lima pekan, yaitu pada hari Jumat disetiap minggunya dengan didampingi tim fasilitator. Tema yang diusung diantaranya Demokrasi Pancasila, Bangunlah Jiwa dan Ragaku, Kearifan Lokal bagi kelas 7. Untuk kelas 8 yaitu Kewirausahaan, Bhineka Tunggal Ika, dan Perubahan Iklim Global. Sedangkan untuk kelas 9 Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI, dan Gaya Hidup Berkelanjutan.

 

Hal ini tentunya mendapatkan dukungan penuh dari Nur Azijah selaku kepala Madrasah. Beliau menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta didik terhadap nilai-nilai Pancasila dan konsep Rahmatan Lil Alamin.

 

“Saya sangat mendukung sekali kegiatan P5P2RA ini. Karena melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, meningkatkan pemahaman dan kesadaran terhadap nilai-nilai Pancasila sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan di sekitarnya.” Ucapnya.

 

Pada akhir kegiatan P5P2RA nanti, akan diadakan selebrasi berupa demonstrasi proses pembuatan makanan, pameran dan penjualan hasil karya berupa makanan maupun minuman serta penampilan tarian kreasi yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7, 8 dan 9 MTs Negeri 17 Jakarta.

 

Dalam kegiatan ini setiap kelompok menyiapkan stan untuk memajang hasil karyanya di halaman madrasah. Saat selebrasi berlangsung, setiap kelompok saling mengunjungi stand kelompok lain. Kepala madrasah, Guru, serta Karyawan berkeliling mengunjungi setiap stand untuk memberikan apresiasi setiap hasil karya peserta didik. (s/e)

  • Tags:  

Terkait