Berita

MTS N 39 JAKARTA ADAKAN PEMILU RAYA OSIS TAHUN 2018-2019

Senin, 19 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas  Mts N 39 Jakarta) --- Pemilu OSIS MTs N 39 tahun pelajaran 2018-2019 diikuti oleh 3 kontestan yang berasal dari siswa kelas VII dan VIII. Ketiga kontestan yang bertarung dalam pemilu OSIS adalah pasangan pertama, Indah Trisnawati dan Jefry Albukhori, kedua, M. Aufa Karim dan Nazwa Aulia, dan ketiga, Ali Mubarok dan Anya Zashika.

Sebelum kegiatan pemungutan suara dilaksanakan, terlebih dahulu diberikan pengarahan oleh pembina OSIS, Hartanti mengenai teknik pemungutan suara. Setelah itu dilanjutkan dengan pengarahan oleh kepala madrasah.

Drs. H. Niyatno, selaku kepala madrasah, memberikan arahan kepada siswa sebelum melakukan pemungutan suara. Pertama, beliau menghimbau agar momen pemilu OSIS ini dijadikan sebagai sarana pembelajaran berdemokrasi yang baik serta belajar memilih pemimpin dan menjadi pemimpin yang baik di tengah masyarakat. Kedua, Niyatno berpesan agar para siswa memilih ketua OSIS didasarkan pada kemampuan calon serta dengan melihat visi dan misi yang paling bagus. Jangan memilih pemimpin karena sebagai teman dekat atau karena ketenaran. Selesai sambutan kepala madrasah dilanjutkan dengan pemungutan suara.

Untuk mengefektifkan pemungutan suara disediakan 3 bilik dan 3 kotak suara, yang masing masing untuk tiap angakatan kelas. Di samping meja bilik suara disediakan daftar siswa dan kertas suara. Para siswa maju membentuk antrian dan secara bergantian menandatangani daftar hadir, mengambil kertas suara, mencoblosnya di ruang bilik suara kemudian memasukannya ke dalam kotak suara. Seluruh siswa yang berjumlah 517 siswa memberikan suara kepada calon pasangan yang mereka anggap layak memimpin dan menjadi ketua OSIS. Selain siswa para guru, staf tata usaha dan kepala madrasah juga turut memberikan suara mereka kepada para kandidat ketua OSIS MTs N 39.

Selesai pemungutan suara kemudian dilakukan penghitungan suara secara langsung disaksikan seluruh siswa. Satu demi satu kertas suara dikeluarkan dari kotak suara dan dihitung bersama hingga selesai. Setiap kontestan mendapat suara dari para siswa, namun akan terlihat siapa yang paling banyak mendapat dukungan suara.

Dan akhirnya setelah semua kertas suara dihitung, pasangan calon ketua OSIS nomor 3, yaitu pasangan  Ali Mubarok dan Anya Zashika yang berhasil menjadi pemenang atau terpilih sebagai ketua OSIS MTs N 39 tahun pelajaran 2018-2019 dengan memperoleh 340 suara.

Ucapan selamat dan sukses pun diberikan kepada Ali Mubarok dan Anya Zashika dari rekan siswa, guru dan kepala madrasah. Dihadapan para siswa, Ali Mubarok dan Anya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sambil memohon dukungan dan bimbingan guru  agar menjalankan amanah kepimpinan dengan baik. AR

Terkait