Berita

MIN 9 Melenggang di Semi Final KMNR XIV

Kamis, 28 Februari 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MIN 9) --- Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Jakarta Selatan dalam ajang Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) melaju ke babak semifinal. Dimana MIN 9 masuk dalam regional wilayah Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, dan Tangerang.

Pelaksanaan babak penyisihan regional Tangerang dilaksanakan di Madrasah Pembangunan (MP) UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat. Dan diikuti oleh 27.000 peserta didik dari kelas 1 SD/MI sampai dengan 12 SMA/MA seluruh Indonesia.

Tahap berikutnya adalah babak semi final. Sejumlah 39 siswa/i lolos dan berhak mengikuti babak semifinal pada tanggal 24 Februari 2019  di MP UIN Ciputat. Dalam pelaksanaan babak semifinal, panitia pusat memberikan penghargaan kepada 4 peserta dari MIN 9 Jakarta Selatan. Penghargaan diberikan  atas prestasinya yang mampu meraih nilai tertinggi se-Indonesia.

Adapun Keempat anak yang mendapatkan nilai tertinggi adalah Diwa Ariffath dan Athika Fitri Zafira meraih juara 2 dan juara 3 kategori SD/MI kelas 1. Fauzi Kemal Maulidi dan Nararya Qolbu Cetta masing-masing meraih juara 1 dan 2 kategori SD/MI kelas 6 regional Tangerang.

Mereka mampu bersaing dengan 200 peserta tiap kategori kelas. Dan masuk ke-33 peringkat nasional dari 171 peserta dengan nilai tertinggi se-Indonesia.

Menurut Kepala Madrasah, Muhimin bahwa MIN 9 telah mengikuti kompetisi ini sejak  tahun 2013 hingga sekarang. Setiap kompetisinya telah berhasil mendapatkan medali emas, perak, perunggu, ataupun merit untuk setiap kategori kelas yang diikuti.

Sekedar informasi bahwa Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) pertama kali diadakan pada tahun 2006. Matematika Nalaria Realistik (MNR) sendiri merupakan salah satu terobosan baru dalam pembelajaran matematika, dimana siswa dibiasakan menggunakan penalaran dalam memahami Matematika dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari - hari. /Saripah/PIC/MIN9.

Terkait