Berita
Natal 2023

Menag : Suka Cita Natal Bukan Monopoli Nasrani, Tapi Kegembiraan Kita Semua

Kamis, 28 Desember 2023
blog

Surabaya (Humas) --- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Kristiani memohon kepada Tuhan agar Indonesia tetap damai, bersatu dalam persatuan. Hal ini disampaikan saat sambutan Natal Nasional 2023 di Graha Bethany, Nginden, Surabaya, Rabu (27/12/2023) malam ini.

 

Menurut Yaqut, tema Natal tahun ini menyadarkan kembali umat manusia terhadap rasa persatuan dan kesatuan serta kedamaian di muka Bumi.

 

Dalam sambutannya beliau juga mengutip pernyataan atau kata bijak dari KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

 

"Suka cita Natal bukan monopoli Nasrani, tapi kegembiraan kita semua," ujar Yaqut mengutip Gus Dur, disambut tepuk tangan menggema di dalam gereja.

 

"Selamat Natal. Kiranya Natal membawa perdamaian dan kebahagiaan," pungkasnya. 

 

Dalam kesempatan ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, semua pihak perlu bersyukur karena Indonesia memiliki Pancasila. Itu karena, Kepala Negara menyatakan, Indonesia mampu menjaga toleransi dalam keberagaman hingga saat ini.

 

"Kita bangsa Indonesia sungguh beruntung kita mampu menjaga toleransi dalam keberagaman, dalam kemajemukan. Kita juga mampu menjaga persatuan di tengah kebhinekaan kita, mampu menjaga Bhinneka Tunggal Ika. Kita bersyukur memiliki Pancasila," kata Jokowi saat perayaan natal nasional 2023.

 

Jokowi mengatakan, Indonesia akan memberikan contoh kepada dunia bahwa keberagaman itu adalah hukum alam yang tidak terhindarkan.

 

"Bahwa perbedaan agama perbedaan pandangan itu akan semakin wajar dalam kehidupan modern sekarang ini," kata Jokowi.

Terkait