Berita

Membangun Jiwa Pemimpin Kreatif Melalui Kegiatan LDKS Di MTs Negeri 14 Jakarta

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta ( Humas MTsN 14 ) - MTs Negeri 14 Halim Perdanakusuma Jakarta menyelenggarakan kegiatan LDKS Pengurus OSIS masa bakti 2018/2019. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari mulai tanggal 30-31 Oktober 2018, diikuti oleh sekitar 160 peserta didik  yang telah dilantik serta siap sebagai calon pengurus OSIS masa bakti 2018/2019.

Tema LDKS kali ini adalah "Membangun Jiwa Pemimpin yang Kreatif, Cerdas, Religius dan Bertanggung Jawab".

Mimin Suryatiningrat, selaku kepala MTsN 14 dalam sambutan pembukaan kegiatan mengharapkan bahwa dengan diadakan LDKS, peserta didik paham terhadap tugas yang akan dilakukan. Sehingga setelah selesai kegiatan ini, para  peserta mampu mengaplikasikan dalam tugas mereka. Pesannya pada peserta: "Menjadi pengurus OSIS dapat digunakan sebagai media untuk belajar berorganisasi, oleh karena itu berlatihlah secara maksimal selama kepengurusan ini".

Beliau juga mengharapkan agar OSIS MTsN 14  memiliki peran yang sentral dalam memajukan kegiatan peserta didik yang bersifat positif. "Pengurus OSIS juga harus siap menjadi panutan dan menjadi penggerak untuk mendukung kemajuan madrasah", paparnya.

Sedangkan Abdul Wahab selaku ketua panitia pelaksana LDKS menambahkan, bahwa tujuan LDKS untuk membekali ilmu kepemimpinan kepada peserta didik yang nantinya akan menjadi pengurus OSIS sehingga memiliki etos kerja yang tinggi, jujur serta amanah dalam menjalankan tugas serta tanggung jawabnya sebagai . Materi LDKS tidak hanya berupa teori dan praktik, tetapi juga latihan fisik dan mental.

Materi LDKS meliputi Islamic Leadership, Tata Krama dan Tata Tertib, Tata Upacara Bendera dan Motto Madrasah, ruang lingkup OSIS, Bahaya Narkoba, Peduli Lingkungan, serta Hymne dan Mars Madrasah. Pemberi materi berasal  dari guru-guru MTsN 14 yang berkompeten di bidangnya.

Salah satu dari berbagai guru pemberi materi, yaitu dari Wakil Bidang Kesiswaan, Endah Wahidah tentang Tata Krama dan Tata Tertib MTs Negeri 14 Jakarta. Secara garis besar Tata Tertib sekolah dibuat berdasarkan nilai-nilai yang dianut sekolah dan masyarakat sekitar, meliputi : nilai ketaqwaan, sopan santun, pergaulan, kedisiplinan dan ketertiban, kebersihan, kesehatan, kerapihan, keamanan dan nilai-nilai yang mendukung kegiatan belajar yang efektif.

Kami berharap melalui LDKS peserta didik MTsN 14 Jakarta mampu menerapkan segala ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kesan positif dari MTsN 14 dapat diterima di masyarakat sebagai sekolah yang mampu menjadikan para peserta didiknya senantiasa menjunjung tinggi Akhlakul Karimah.

(Penulis : A Gofur)

Terkait