Berita
PRESTASI SISWI MADRASAH

MAN 10 Jakarta Juara Kompetisi Nuklir di Filipina

Senin, 5 Agustus 2024
blog

penerimaan sertifikat kompetisi logo

Jakarta (Humas MAN 10 Jakarta) -- Raihana Azwa Putri Sutrisno, siswa MAN 10 Jakarta membawa harum nama Indonesia sebagai juara kompetisi pembuatan logo 1st INSO (International Nuclear Science Olympiad) yang diadakan di New Clark City, Fillipina pada Kamis(01/8/2024).

 

Untuk diketahui INSO adalah ajang kompetisi di bidang sains dan teknologi dibidang nuklir untuk kalangan siswa sekolah menengah di Kawasan Asia Pasifik.

 

Tujuan utama Olimpiade Sains Nuklir Internasional Pertama (1st INSO) di Filipina adalah untuk menunjukkan komitmen negara tersebut dalam memajukan pendidikan nuklir dan membina kerja sama yang damai kepada Internasional dalam penerapan sains dan teknologi nuklir.

 

Upacara pembukaan Olimpiade Nuklir Internasional dilaksanakan di SMX Convention Center Clark City di Filipina dengan diawali pembukaan, doa lintas agama, menyanyikan lagu Nasional Filipina, dan hiburan lainnya. Pada waktunya pengumuman juara kompetisi pembuatan logo INSO yaitu Raihana Azwa Putri Sutrisno dari Indonesia, tepatnya MAN 10 Jakarta.

 

"Sangat senang diundang untuk menghadiri acara ini karena menambah pengalaman pertama kalinya keluar negeri sebagai tamu undangan secara gratis, mendapatkan banyak hal baru tentang Filipina serta kagum karena bertemu para tim ahli dari berbagai negara sehingga mendapatkan banyak hal baru juga tentang serba serbi nuklir". ujar Raihana.

 

Dalam kegiatan seremonial tersebut Dr. Maya Al Azizi dari Oman selaku ketua pelaksana INSO mengucapkan "sangat berterimakasih atas dukungan para panitia serta negara-negara yang telah ikut memperjuangkan agar olimpiade nuklir ini berhasil terlaksana di Filipina serta mengucapkan selamat datang dan selamat berjuang kepada 14 negara Asia Pasifik yang mengikuti INSO".

 

Proses panjang yang diawali oleh lomba pembuatan design Logo INSO di bulan Mei tahun 2023, rapat bersama para panitia, juri, dan pembuat soal, sosialisasi INSO kepada negara-negara anggota IAEA di kawasan Asia Pasifik bulan Oktober 2023 untuk melakukan perencanaan kegiatan perekrutan agar negara tersebut melakukan diseminasi hingga terlaksananya INSO hari ini.


 

INSO berlangsung dari tanggal 1-6 Agustus 2024 terbagi dalam dua kegiatan yang berbeda, yaitu untuk para tim siswa peserta olimpiade dari 14 negara yaitu Bahrain, Malaysia, Mongolia, Singapura, Oman, Pakistan, Arab Saudi, Sri Lanka, Thailand, Uni Emirat Arab, Qatar, Iran, Yordania, dan Filipina. Suriah akan bergabung sebagai pengamat.

 

Acara diselenggarakan oleh PNRI dengan bekerja sama dengan Philippines Nuclear Science Foundation Inc, Department of Education of Philippines dan National Research Council of the Philippines dengan berbagai instansi kemitraaan diantaranya Meralco dan Curio yang disponsori oleh IAEA yang mendukung pendidikan sains dan teknologi Nuklir untuk level menengah dan perguruan tinggi. 

Terkait