Berita

Lomba Nasi Tumpeng, DWP Kota Jakarta Pusat Meraih Juara 3

Senin, 8 Januari 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 

Jakarta [inmasJP] – Tim Penilai Lomba Nasi Tumpeng dari DWP Kanwil Kemenag DKI Jakarta menetapkan Nasi Tumpeng karya DWP Kota Jakarta Pusat sebagai juara 3. Kegiatan lomba ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan HAB Kementerian Agama ke-72 di tingkat Kanwil DKI Jakarta.

 

 

 

Para pengurus DWP tingkat kota se DKI Jakarta mengirimkan karya nasi tumpeng untuk dinilai dan tumpeng DWP Kota Jakarta Pusat berhasil meraih juara 3 meskipun di tahun lalu sempat meraih juara 2. Hal ini tidak menyurutkan semangat ibu-ibu pengurus DWP agar berkarya lebih baik lagi di tahun mendatang.

 

 

 

Mengikuti aturan tradisional Jawa, tumpeng karya DWP Kota Jakarta Pusat berbentuk kerucut yang memiliki nilai filosofis mendekat kepada Allah SWT. Tumpeng dengan lauk pauk dan sayur mayur disekelilingnya ini berhiaskan daun pisang pada pucuknya. Tampak warna-warni tumpeng yang dihasilkan dari warna lauk pauk dan sayur mayur itu, seperti, merah dari cabai, hijau dari selada, kuning dari telur dan sebagainya.

 

 

 

Namun yang harus tidak dilupakan ialah citarasa. Meskipun hiasan begitu indah namun kala tumpeng dicicipi; lauk kurang bumbu, nasi terasa kering atau keras dan sambalnya hambar maka membuat penilaian berkurang. Untungnya, saat pencicipan tumpeng ini mendapat penilaian yang baik sebab citarasanya tidak mengecewakan bahkan tandas tidak bersisa.  /j15

 

  • Tags:  

Terkait