Berita

Lestarikan Pencak Silat, Siswi MAN 2 Jakarta Raih Medali Emas Kejuaraan Walikota Cups

blog

Jakarta (Humas MAN 2 Jkt) ---  Syifa Nabilah Putri Syaiful dan Tiara Maranti Zahra dari MAN 2 Jakarta akhirnya berhasil meraih medali emas pada kejuaraan Pencak Silat Walikota Cups Jakarta Timur pada kategori Tanding Dewasa dan kategori Tanding Remaja.

Tujuan kegiatan, Yohanes Edison Buru selaku Ketua Pelaksana menyataan untuk melaksanakan salah satu program tahunan IPSI Jakarta Timur, juga untuk melestarikan dan menumbuhkembangan Pencak Silat sebagai budaya warisan leluhur bangsa Indonesia.

“Banyak anak muda sekarang yang lebih bangga dengan cabang olahraga yang berasal dari luar negeri, padahal banyak cabang olahraga dari negeri kita yang tak kalah bagusnya,” ujar Yohanes di GOR Matraman - Jaktim.

Senada dengan Yohanes, Syfa mengungkapkan ketertarikannya di cabang olahraga Pencak Silat berawal dari motivasi yang diberikan guru dan orang tuanya akan pelestarian olahraga tradisional.

“Pencak Silat menurut saya memiliki ciri khas sendiri dibandingkan cabang olahraga bela diri lainnya. Selain mempertahankan diri dari serangan musuh, Pencak Silat juga memiliki unsur seni tradisi negara kita," jelas Syfa dengan sumringah usai menerima medali di GOR Matraman.

Kegiatan yang mengusung tema, IPSI Jakarta Timur Berprestasi diikuti peserta dari jenjang SD hingga SMU. Adapun kategori dan tingkatan yang dipertandingkan adalah Tanding Putra dan Putri, Tunggal Tangan Kosong Putra dan Putri, Tunggal Full Putra dan Putri, Ganda Putra dan Putri Tangan Kosong, Ganda Putra dan Putri Full, dan kejuaraan beregu. /Yuyum D.

Terkait