Berita

Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kota Jakarta Utara Tahun 2019

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas Jakut) --- Kepala Kantor Kemenag Kota Jakarta A. Rasyid H. Usman membuka secara resmi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Jakarta Utara Tahun 2019. Lomba Sains tingkat MI, MTs dan MA yang diikuti sebanyak 187 peserta tersebut dilaksanakan di MTs N 5 Cilincing Jakarta Utara. Sabtu, (20/07)

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kompetisi bergengsi Siswa dan Siswi Madrasah di bidang Sains ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Hanya saja, pelaksanaan pada tahun ini diadakan di tingkat Kota. Nantinya, para juara KSM dari tingkat Kota ini akan kembali bersaing di tingkat Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta, dan bila beruntung, akan mewakili Kota masing-masing di KSM tingkat Nasional yang akan digelar pada bulan September 2019, di Manado Sulawesi Utara.

Para peserta KSM akan mengikuti tes dengan mengisi di lembar jawaban yang telah dipersiapkan oleh panitia dan diawasi oleh dua pengawas di setiap ruangan. 10 ruangan kelas dibagi sesuai tingkatan Madrasah. Peserta lomba dari tingkat MI akan mengikuti lomba Matematika dan IPA terintegrasi, peserta dari tingkat MTs akan mengikuti lomba Matematika, IPA dan IPS terintegrasi, adapun peserta dari tingkat MA akan mengikuti lomba Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Geografi terintegrasi.

Dalam sambutannya Kakankemenag berharap, melalui KSM di tingkat Kota ini, akan ada perwakilan   Siswa-Siswi Madrasah dari Kota Jakarta Utara yang akan berlomba di tingkat Nasional. “Kita patut bersyukur KSM pada tahun ini diadakan di kota sendiri, dan semoga ada dari Siswa Madrasah yang akan bersaing di Manado pada bulan September nanti,” harap Rasyid.

Sebelum membuka secara resmi KSM tersebut, Rasyid berpesan kepada seluruh peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti Kompetisi Sains antar Madrasah ini, dengan berjuang sesuai kemampuan yang dimiliki. “Waktu yang disiapkan hanya dua jam saja. Maka menjawab soalnya harus sungguh-sungguh. Saya ucapkan selamat berlomba dengan terus menegakkan kejujuran,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksanaan KSM tingkat Kota Jakarta Utara, Ahmad Niyatno dalam sambutannya mengapresiasi dukungan dari seluruh Kepala Madrasah yang telah berpartisipasi hingga terlaksananya KSM di tingkat Kota Tahun 2019 ini. “ Pelaksanaan KSM ini adalah dari kita semua, terima kasih atas partisipasinya, semoga berjalan sukses dan lancar,” kata Niyatno./Z/A

Terkait