Berita

Kamad MTsN 31 Jakarta, Salah Satu Penerima Anugerah Prestasi Tingkat Nasional

blog

Jakarta (Humas MTsN 31 Jakarta) ---- Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 31 Jakarta, Zainul Ma’arif meraih prestasi tingkat nasional sebagai Juara 1 kategori Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Berprestasi Jenjang Kepala Madrasah Tsanawiyah.

Penganugerahan ini diselenggarakan oleh Direktorat GTK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama pada Hari Guru Nasional 2022 yang mengangkat tema, Berinovasi Mendidik Generasi.

“Alhamdulilah atas prestasi yang telah diraih GTK DKI Jakarta, dimana tahun ini lebih meningkat dari tahun lalu. Ini merupakan anugerah yang harus kita syukuri bersama,” ujarnya saat diwawancarai tim humas.

Menurutnya, perjuangan ini merupakan sangat luar biasa dalam mempersiapkan administrasi hingga karya tulisan dalam bentuk feature serta portofolio lainnya.

“Jarak antara pengumuman dengan grandfinal cukup dekat persiapannya sehingga ini akan menjadi tantangan dalam mengggunakan waktu yang singkat,” terangnya.

Mr.Zain sapaan akrabnya mengingatkan, agar peserta harus mempersiapkan karya tulisan berupa ide yang akan dipaparkan. “Ini perlu dipersiapkan sejak dini, seandainya waktu tidak panjang dalam pelaksanaannya,” imbuhnya.

Terkait proses penilaian, Kamad MTsN 31 Jakarta mengungkapkan bahwa program Kementerian Agama terkait Moderasi Beragama menjadi salah satu penilaian tahapan menuju Grand Final.

“Menuju Grand Final seluruh peserta melakukan presentasi dan tanya jawab dengan tiga dewan juri,” ungkapnya.

Sedangkan saat sesi presentasi, beliau menceritakan menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Dan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab saat melakukan tanya jawab. Menurutnya, menggunakan bahasa asing akan mendapatkan nilai tambah.

“Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan yang matang dan menggunakan bahan presentasi ringkas dan menarik dengan dua bahasa serta mempersiapkan alat peraga, X Banner terkait profil penulis dan outline karya tulis,” pungkasnya.

Sekedar informasi, GTK DKI Jakarta yang menerima Anugerah Tingkat Nasional tahun 2022, adalah :

1. Siti Juwariah Guru RA Al Jannah Jakarta Utara

2. Zatiah Lesyani Ka RA Istiqlal Jakarta Pusat

3. Wahyudi Ka MI Pembangunan UIN Jakarta Selatan

4. Zainul Ma'arif Ka MTsN 31 Jakarta Timur

5. Nurlaelah Ka MAN 10 Jakarta Barat

Terkait