Berita

Kakanwil : Kemoderatan, Inspiratif dan Inovasi Menjadi Kebutuhan Anak Didik

Sabtu, 3 Maret 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Bogor (Inmas) – Dalam mempersiapkan sumber daya pengelola Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UNBK), Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DKI Jakarta melaksanakan kegiatan pelatihan proktor dan teknisi ujian madrasah berbasis komputer.

“Kegiatan ini untuk menyatukan visi dalam mempersiapkan sumber daya pengelola ujian madrasah berbasis komputer” ujar Kepala Kanwil Prov DKI Saiful Mujab dihadapan 120 peserta pelatihan proktor dan teknisi. Jumat (02/03)

“Serta memacu madrasah di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta agar dapat melaksanakan ujian berbasis komputer”, tambahnya

Saiful Mujab juga mengungkapkan terkait pemanfaatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pertama memberikan kepercayaan pada peserta didik, kedua meningkatkan literasi peserta didik terhadap Informasi dan Teknologi (IT) dan ketiga masalah pembagian soal.

“Dengan ujian berbasis komputer, peserta didik akan menghadapi garis lurus kedepan sehingga meningkatkan kejujuran dan kepercayaan”, ujarnya.

Kakanwil Kemenag Prov DKI juga menyampaikan, Kementerian Agama saat ini telah melakukan pembenahan terkait pendidikan madrasah, maka didorong dalam suatu kebijakan. Pertama, madrasah harus berwawasan moderat.” Mari kita buka kemoderatan di madrasah”, ajaknya.

Kedua, berpikir inspiratif dalam pengembangan madrasah. “Agar ditahun 2018 madrasah mempunyai nilai keunggulan “harapnya. Dan ketiga Inovasi dalam pengembangan madrasah, “coba masukkan ikon  ikon yang bagus pada program unggulan”, ujarnya.

“Karena Kemoderatan, Inspiratif dan Inovasi bisa menjawab kebutuhan anak didik kita”, tambah Kakanwil.

Hal senada juga disampaikan Kabid Pendidikan Madrasah Karsa Sukarsa, tujuan kegiatan ini untuk melatih para proktor dan teknisi mensukseskan UNBK. “Tugas proktor sangat berat bagaimana dia mensinkronkan dari mulai sistem hingga login dalam melaksanakan UNBK”, ujarnya usai pembukaan.

“Agar seluruh proktor dan teknisi yang ada di madrasah Negeri dan Swasta Prov DKI Jakarta menjadi korps yang luar biasa”, harap Kabid Penmad./baz/fh.

  • Tags:  

Terkait