Berita

Hebat! Emas KSM dan Perak OSN Diraih Siswa MAN 4 Jakarta

Kamis, 7 September 2023
blog

Jakarta (Humas) - Awal September yang penuh syukur untuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta dengan diraihnya medali emas Kompetensi Sains Madrasah (KSM) dan medali perak pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023. 

 

KSM dan OSN merupakan dua ajang lomba resmi dan bergengsi di dunia pendidikan Indonesia. Dua lomba ini diikuti oleh seluruh lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta. 

 

KSM
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. 

 

Tahun ini KSM diselenggarakan di Kendari Sulawesi Tenggara dari tanggal 03 - 07 September 2023 dan diikuti oleh madrasah negeri dan swasta di Indonesia. 

 

MAN 4 Jakarta pada penyelenggaraan KSM ini mengirimkan satu peserta didik berprestasi atas nama Azizah Putri Mardhiyah kelas XII IPS 4.  Siswi pasangan bapak Hari Respathi (alm) dan Ibu Syamsiar ini mengikuti kompetisi bidang Ekonomi. 

 

Perjuangan Azizah dimulai dari seleksi peserta KSM tingkat Madrasah. Hal ini lazim dilaksanakan di MAN 4 Jakarta dimana rekrutmen peserta olimpiade terbuka untuk seluruh siswa atau tidak melalui penunjukan guru. Dilanjut di KSM tingkat kota dan provinsi Azizah terus bertahan mendapatkan peringkat pertama hingga akhirnya berhasil meraih emas di tingkat nasional. 

 

OSN
Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang kompetisi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA serta yang sederajat di seluruh Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Pelaksanaan OSN tahun ini diselenggarakan di Bogor dari tanggal 27 Agustus 2023 sampai dengan tanggal 02 September 2023 diikuti oleh sekolah dan madrasah se-Indonesia. 

 

MAN 4 Jakarta pada OSN tahun ini mengirimkan dua siswa berprestasinya, Faiz Alma Irgiawan kelas XII IPA 5 untuk bidang kebumian dan Jihan Naura Arfiansyah kelas XII IPS 4 untuk bidang Geografi. 

 

Faiz begitu biasa disapa berhasil meraih medali perak di ajang bergengsi tersebut. Sementara rekannya Ajeng masih harus berjuang di olimpiade selanjutnya. 

 

Kemenagan Faiz kali ini bukanlah kemenangan yang pertama. Tahun lalu Faiz juga berhasil meraih medali perak untuk bidang yang sama. Atas kemenangannya tersebut Fais mendapatkan apresiasi penghargaan sebagai siswa berprestasi bidang akademik di ajang MAN 4 Award 2023. 

 

"Selamat untuk siswa-siswi terbaik MAN 4 Jakarta. Kemenangan-kemenangan kalian pada ajang KSM dan OSN semoga menjadi langkah awal kalian dalam kemenangan di kompetisi-kompetisi berikutnya. Di dunia kampus ataupun dunia kerja saya yakin kalian akan terus mendulang prestasi dan menjadi manusia yang bermanfaat untuk sesama," harap Wido Prayoga, Kepala MAN 4 Jakarta Selatan. 

  • Tags:  

Terkait