Berita

Hadapi Tantangan Dan Adaptasi Digital MAN 17 Jakarta Adakan Test Digital Intellegence Quotient (DQ)

Senin, 9 September 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 17 Jakarta)---Sebanyak 104 peserta didik kelas XII MAN 17 Jakarta ikuti kegiatan tes Test Digital Intellegence Quotient (DQ) kerjasama dengan Tim SAKOLA DC Abasador dan Universitas Prasetiya Mulya(7/9).

Novy Tim SAKOLA menyampaikan tes DQ dirancang untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan peserta test diseluruh 8 kompetensi yaitu pengelolaan waktu tatap layar, pengelolaan privasi, pengelolaan olokan siber, indentitas warga digital, pengelolaan jejak digital, pengelolaan keamanan siber, berfikir kritis , dan empati digital.

Digital Intellegence Quotient (DQ) adalah jumlah kemampuan kognitif, sosial dan emosional yang memungkinkan setiap individu dapat menghadapi tantangan dan beradaptasi dengan tuntutan kehidupan digital.

"Di akhir test siswa akan diberikan kartu skor yang terperinci yaitu mendefinisikan setiap kompetensi dan tampilan daftar pengetahuan dan keterampilan yang diuji dan akan diberikan rekomendasi yang bisa ditindak lanjuti kepada orang tua, wali dan guru untuk mendukung dan mengembangkan DQ siswa,” imbuhnya.

Sedangkan Aliyatur Romlah selaku BK MAN 17 Jakarta menyampaikan, Kegiatan ini sangat positif, dan test ini diperuntukan untuk anak usia maksimal 13 -18 tahun, sehingga anak diharapkan mampu hadapi tantangan dan adaptasi digital.

"Nilai 100 -115 dikatakan siswa sangat unggul karena mampu secara mandiri menggunakan perangkat dan media digital dengan aman dan bertanggung jawab tetapi jika nila dari 85-99 perlu perhatian karena siswa terlalu banyak memberikan informasi pribadi ke halayak umum dan tidak bisa menggunakan digital secara aman dan bertanggung jawab," ujarnya.

"Siswa yang yang mendapatkan nilai “perlu perhatian” memerlukan perhatian khusus dari pengguna dan orang tua murid,” tambahnya

Sedangkan Putri Oktavia kelas XII MIA menyampaikan ucapan terima kasih kepada sekolah yang telah mengadakan tes DQ, dengan tes DQ kami bisa mengetahui level nilai terhadap penggunaan digital.

"Kami harus hati-hati menghadapi tantangan digital dan harus adaptasi menggunakan digital dengan aman dan bertanggung jawab,”tambahnya

(Humas MAN 17 Jakarta)

 

Terkait