Berita

Guru Wajib Upgrade Diri, MAN 17 Adakan Sharing Pengalaman Mendidik

Jumat, 16 Agustus 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 17 Jakarta) --- Dalam rangka peningkatan dan pemerataan kompetensi guru Madrasah Aliyah Negeri 17 Jakarta setiap hari Rabu adakan kegiatan sharing pengalaman oleh pendidik yang telah mengikuti pelatihan atau diklat. (14/8)

Kepala Madrasah MAN 17 Jakarta menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk menularkan ilmu yang telah diperoleh ke pendidik lainnya, sehingga guru yang belum mendapatkan pelatihan bisa mengetahui perkembangan pada saat ini.

Menurutnya, Guru wajib Up grade diri secara rutin untuk memaksimalkan hasil peningkatan kualitas sumber daya guru, sehingga pemerataan kemampuan guru pun dapat tercapai tanpa ada ketimpangan dan ini upaya meningkatkan profesional guru.

"Guru yang telah menjadi nara sumber akan diberikan reward,” Ujarnya Ahmad Saifullah penuh semangat

Kegiatan dimulai dengan penjelasan dari Budoyo Budi Sudarto yang telah mendapatkan pelatihan tentang Publikasi Ilmiah selama enam hari di balai diklat pendidikan dan Pelatihan keagamaan Jakarta Badan Litbang  Dan Diklat rawa kuning Jakarta Timur.

Beliau menjelaskan ada sepuluh macam Publikasi Ilmiah yaitu presentasi di forum ilmiah, tinjouan ilmiah, tulisan ilmiah, artikel ilmiah, buku pembelajaran, modul/diklat, buku dalam bidang pendidikan, karya terjemahan dan buku pedoman guru.

"Publikasi ilmiah akan membantu untuk angka kredit guru dalam kenaikan pangkat,”ujarnya

Sedangkan menurut Lela Susilawati, kegiatan ini sangat bermanfaat, sehingga kita mendapatkan ilmu dan informasi yang baru walaupun tidak mengikuti diklat.

"Karena kesempatan untuk mengikuti pelatihan atau diklat sangat terbatas sedangkat tuntutan sebagai guru harus up grade supaya tidak ketinggalan," imbuhnya. /Humas MAN 17 Jakarta.

Terkait