Jakarta (Humas MTsN 4) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Jakarta menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang berfokus pada peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Mengusung tajuk "Metode Pembelajaran dan Aplikasi Canva Berbasis Artificial Intelligence (AI)", kegiatan ini bertujuan membekali para guru dan karyawan dengan pengetahuan serta keterampilan terkini dalam memanfaatkan teknologi untuk proses belajar mengajar yang lebih inovatif dan efektif.
Kegiatan pelatihan yang penuh antusiasme ini dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Mei 2025, bertempat di lingkungan MTsN 4 Jakarta. Partisipasi aktif terlihat dari kehadiran seluruh guru dan karyawan MTsN 4 Jakarta yang menunjukkan semangat tinggi untuk terus mengembangkan diri di era digital.
Narasumber tunggal dalam pelatihan ini adalah Catur Yoga Meiningdias, seorang sosok yang dikenal luas memiliki kepakaran di bidang teknologi pendidikan, khususnya pemanfaatan AI dan berbagai platform kreatif untuk pembelajaran. Pengalaman dan pengetahuannya yang mendalam diharapkan mampu memberikan wawasan baru dan inspirasi bagi para peserta.
Acara pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala MTsN 4 Jakarta Selatan, Chusniyati. Dalam sambutannya, Chusniyati menyampaikan pentingnya adaptasi teknologi dalam dunia pendidikan saat ini. Beliau menekankan bahwa penguasaan metode pembelajaran yang relevan dan pemanfaatan aplikasi berbasis AI seperti Canva akan sangat menunjang peningkatan kualitas pembelajaran dan efektivitas kerja.
Tidak hanya diikuti oleh civitas akademika MTsN 4 Jakarta, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh sejumlah guru dari sekolah lain yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah (KKM) 4 Selatan. Kehadiran perwakilan dari sekolah lain ini menjadi bukti kolaborasi dan semangat berbagi pengetahuan antar-madrasah di wilayah Jakarta Selatan.
Selama sesi pembinaan, Catur Yoga Meiningdias memaparkan materi mengenai berbagai metode pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman serta menggali potensi pemanfaatan aplikasi Canva yang kini telah terintegrasi dengan fitur-fitur berbasis AI. Para peserta diajak untuk praktik langsung dan berdiskusi interaktif, menciptakan suasana belajar yang dinamis.
Respons positif ditunjukkan oleh para peserta kegiatan dengan terlihat dari keaktifan mereka dalam bertanya dan mencoba fitur-fitur baru yang diperkenalkan. Ilmu dan keterampilan baru yang didapatkan dinilai sangat bermanfaat dan dapat segera diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari maupun dalam penyelesaian tugas-tugas administratif. -Mel