Berita

Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Upaya Turunkan Angka Perceraian

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas Jakarta Barat) – Seksi Bimas Islam di 8 (Delapan) KUA Kecamatan adakan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pra Nikah. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor KanKemenag Jakarta Barat, Rabu (10/07).

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan manfaat kepada calon pengantin, sehingga nantinya kehidupan pasca menikah dapat mewujudkan keluarga yang Sakinah, Mawaddah Wa Rohmah.

"Dengan adanya Bimwin ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan terkait hak dan kewajiban sebagai pasangan suami/istri serta memberikan pengetahuan mengenai hukum-hukum agama dan Negara terkait perkawinan dan kehidupan rumah tangga,” Ujar Kepala KanKemenag Jakarta Barat saat memberikan materinya

Selain itu Sofi'i memaparkan mengenai dasar hukum dari kegiatan ini, yaitu Peraturan Perundang-Undangan yang mengatur tentang perkawinan UU No.1 Tahun 1974  dan Peraturan Pemerintah No.9 Tahun 1975 tentang pelaksanaan UU. No.1 Tahun.1974. Terutama Pasal 1. UU Nomor 1 Tahun 1974 menyatakan perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang  wanita  sebagai  suami isteri  dengan tujuan membentuk keluarga yang  bahagia dan kekal  berdasarkan  Ke Tuhanan Yang Maha Esa.

"Kegiatan ini juga menjadi solusi untuk mengurangi angka perselisihan, perceraian, dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) bagi calon pengantin. Sehingga angka perceraian dapat berkurang," ungkap Sofi'i.

Sementara ditempat yang sama Penghulu KUA Kecamatan Tambora Moh. Riadlu Badi memaparkan 4 (empat) pilar menuju pernikahan sakinah yang kokoh yaitu, pertama  zawaj/berpasangan yang berdasarkan pada Q.S. Al-baqarah ayat 187, kedua janji kokoh (mitsaqan gholidzon) yang berdasarkan pada Q.S Annisa ayat 21, ketiga saling memperlakukan pasangan dengan baik yang berdasarkan pada Q.S Annisa 19, keempat saling musyawarah yang berdasarkan pada Q,S Al-baqarah 233.

Dalam kesempatan ini, pasangan calon pengantin Anwar Syafei dan Karisma merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini,

"Alhamdulillah kami mendapatkan ilmu untuk membina rumah tangga kami kedepannya,” Ujar pasangan calon pengantin yang akan menikah pada tanggal 3 Agustus 2019 ini.//Joel

Terkait