Berita

Wujudkan Lingkungan Yang Ramah Lingkungan, MAN 16 Bentuk Kader Adiwiyata

Kamis, 27 September 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 16 Jakarta) --- Kader Adiwiyata MAN 16 merupakan siswa - siswa pilihan yang tergabung untuk mendukung pelestarian lingkungan pada MAN 16 Jakarta, baik dengan langsung melakukan tindak pelestarian lingkungan maupun melalui kebiasaan - kebiasaan yang ramah lingkungan.

Menurut Wido Prayoga selaku Kepala Madrasah mengatakan, bahwa MAN 16 Jakarta menjadi madrasah  Adiwiyata dalam pembiasaan hidup sehat, peduli lingkungan, dan mewujudkan sekolah yang sehat.

“Perlu kesadaran akan pentingnya menjaga pelestarian lingkungan dengan langkah nyata, salah satunya membentuk kader-kader adiwiyata ini,” ujarnya.

“ Siswa tersebut akan menginformasikan pada civitas MAN 16 agar memiliki pola makan yang sehat, karena akan meningkatkan kecerdasan dan kesehatan siswa. Selain itu juga mengubah budaya para peserta didik untuk lebih mencintai lingkungan,” tambahnya.

Ulayah Sofa salah satu siswa kelas XII IPS 1 mengatakan, tidak semua siswa mempunyai komitmen terhadap pola hidup bersih dan sehat, dengan tergabungnya kami dalam kader adiwiyata ini dapat melatih kemandirian kami untuk terbiasa melestarikan lingkungan.

“ Dan kader adiwiyata juga akan mengajak seluruh teman - teman kami, untuk selalu peduli dan berkontribusi terhadap upaya pelestarian lingkungan,” imbuhnya yang merupakan salah satu kader adiwiyata.

Adapun Komitmen sebagai Sekolah Adiwiyata diwujudkan dengan salam adiwiyata, yaitu Bersih hati, bersih diri dan bersih lingkungan. Berdasarkan norma-norma kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Terkait