Berita

Wujud Pembiasaan dan Pembelajaran Akhlaq, MAN 3 Jakarta Ajarkan Kitab Akhlaq Lil Banin

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 3 Jakarta) - Untuk membentuk karakter seseorang diperlukan penanaman sikap dan pembiasaan dalam hidup sehari-hari, MAN 3 Jakarta melaksanakan beberapa program kegiatan pembiasaan, diantaranya tadarus, shalat Dhuha, shalat Dhuhur dan Ashar berjamaah, senam dan literasi.

Salah satu bentuk kegiatan literasi yang dilakukan adalah Kajian Kuning. Literasi Kitab oleh Ustadz Achmad Rawi dan Ustadz Saiful Falah, Selasa (16/7) membahas Kitab Akhlaq Lil Banin Bab 11  tentang Ibumu yang Penyayang.

Dalam pembahasannya ustadz Rawi mengkisahkan bagaimana perjuangan seorang ibu memberikan hal terbaik untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya. Kecintaan seorang ibu tewujud dalam kesabarannya, kebahagian ketika melihat anaknya bahagia dan kesedihan ketika anaknya sedih dan sakit.

Sedangkan ustadz Saiful mengajak kita untuk melihat seorang ibu yang sedang merawat anak yang masih kecil untuk melihat bagaimanakah Ibu kita capek dalam mendidik dan mencintai kita.

Wakil Kurikulum MAN 3 Jakarta, Adam Soleh Siregar menuturkan bahwa untuk dapat melaksakan kegiatan pembiasaan diperlukan usaha yang melibatkan seluruh komponen madrasah yang ada. Pendidikan karakter sangat berbeda dengan pengajaran, karena pendidikan karakter lebih menitikberatkan pada kualitas moral tanpa mengabaikan kecerdasan atau kognitif.

Menurutnya, Kegiatan pembiasaan ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa agar menjadi generasi penerus bangsa yang arif dalam segala hal kehidupan. /sm

Terkait