Berita
SEMINAR KEWIRAUSAHAAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS XII, DALAM HARI PERTAMA KEGIATAN P5RA

WIRAUSAHA MUDA SAMPAI KE UJUNG DUNIA

Rabu, 9 Oktober 2024
blog

Koordinator P5RA Fase F, Sri Setiti, M.Pd sedang memberikan informasi diawal kegiatan P5RA Fase F kelas XII

 

Jakarta (Humas MAN 13 Jakarta Selatan) -- MAN 13 Jakarta melaksanakan kegiatan P5RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Rahmatan Lil 'Alaamin) hari pertama bagi kelas XII peserta didik MAN 13 Jakarta Selatan, berlangsung di Ruang Multimedia pada Rabu(09/10/2024).

Kegiatan mengangkat tema "Wirausaha Muda Sampai Ke Ujung Dunia" dipilih karena peserta didik kelas XII sebentar lagi akan menyelesaikan studinya di MAN 13 Jakarta dan akan memasuki dunia baru baik di Perguruan Tinggi dan usaha. 

Tema Kewirausahan merupakan pendekatan pendidikan baru yang diperkenalkan dalam rangka melatih peserta didik untuk lebih percaya diri pada tindakan untuk usahanya, dengan mengedepankan orientasi pada hasil yang baik untuk masa depan, bekerja keras berani mengambil resiko dan berpikir kritis dan mandiri .

Kegiatan diikuti 286 siswa kelas XII.1 sampai XII.8 dan di dampingi oleh bapak dan ibu wali kelas serta pengajar di kelas XII yang sekaligus menjadi Fasilitator P5RA tahun ini. Sama seperti kelas X dan XI, pelaksanaan P5RA tahun ini bagi kelas XII menggunakan sistem Blok, yang mana mereka melakukan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila - Rahmatan Lil 'Alamin berlangsung pada 9 - 15 Oktober 2024.

Pemateri dalam Seminar Kewirausahaan kali ini adalah Kak (sapaannya) Taufik Hidayatullah yang juga merupakan alumni angkatan pertama dari MAN 13 Jakarta. Selain menekuni bidang Pendidikan Usaha Dini, Kak Taufik sebelumnya telah berkecimpung di bidang entertain, pencipta lagu dan enterpreneur. 

"Harus memiliki rasa Percaya diri, Komitmen Yang Tinggi serta Pantang Menyerah" sangat di tekankan pembicara seminar kewirausahaan kali ini bagi peserta didik kelas XII.

Karena menjadi tujuan utama dari Implementasi Kurikulum Merdeka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diharapkan tumbuh dalam diri siswa melalui kegiatan P5RA bertema Kewirausahaan. Dengan tetap mengedepankan keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, kreatif, dan gotong royong.

Dalam kesempatan ini Kak Taufik juga berbagi pengalaman bahwa jika ingin memulai usaha baru di usia muda. 

"Jangan lupa kita harus mengetahui atau melakukan terlebih dahulu analisis kebutuhan dan peluang pasar serta harus terencana dan terprogram," ujarnya. 

/Ay

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor