Berita

UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN, INOVASI, KUALITAS, DAN INTEGRITAS, MIN 14 AL-AZHAR ADAKAN STUDI BANDING

Jumat, 23 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MIN 14) --- MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif mengadakan Studi Banding ke dua lembaga yang cukup terkenal di skala nasional. Dua lembaga tersebut adalah Pondok Pesantren Al-Muqoddasah Ponorogo Jawa timur dan SD Muhammadiyah Sapen Jogjakarta.

Kegiatan yang diketuai oleh Suhailid, salah seorang guru MIN 14 ini dengan mengususung tema " Mencari Gagasan dalam Meningkatkan Wawasan, Inovasi, Kualitas dan, Integritas  Pendidik" dan mengikutsertakan semua tenaga pendidik dan kependidikan MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif.

Lembaga yang pertama dikunjungi MIN 14 ini adalah Pondok pesantren Al-Muqoddasah yang berdekatan dengan pesantren Gontor Putra yang tidak asing lagi ditelinga para santri baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara.

Rombongan Studi Banding yang langsung disertai kepala madrasah MIN 14, Hj.Haniah Mase ini  disambut hangat oleh pimpinan pesantren, KH.Haikal Ubaidillah Hasan, cucu dari salah seorang pendiri pesantren Gontor di dalam masjid Ma’had Al-Muqoddasah yang diresmikan pada tanggal 18 Oktober 1992 silam.

KH.Haikal Ubaidilah, yang didampingi Ustadz Rudi, salah seroang dewan gurunya ini, mengatakan dalam sambutannya bahwa beliau merasa senang dan bersyukur karena pesantren yang dipimpinnya sudah dikunjungi oleh madrasah Ibtidaiyah Negeri 14 jakarta yang tidak lain untuk bersilaturahmi dan melihat lihat bagaimana proses  pembelajaran tahfidz Al-Qur'an.

Sebagai Pimpinan dan mewakili romobongan,Hj.Haniah, dalam sambutannya menyampaikan ungkapan syukur dan terimakasih yang tak terhingga, karena sudah diterima dan diperkenankan untuk berkunjung dan menimba ilmu di pondok yang sudah lama menjadi rujukan semua pesantren tahfidz se Indonesia.

"Kami senang dan bangga dengan berkunjung ke pondok ini, karena sudah terbukti kwalitas pendidikan tahfidznya dan juga metode menghafalnya," imbuhnya.

" Mungkin bisa diterapkan di Madrasah yang kami pimpin," tegasnya.

Seusai berkunjung ke Al-Muqaddasah, rombongan yang didampingi komite madrasah melanjutkan kujungannya ke Sekolah Dasar Sapen Jogjakarta dibelakang Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Sekolah yang terkenal dengan banyak meraih medali emas dan penghargaan lainnya dalam berbagai kejuaran baik di tingkat nasional maupun nasional ini, menyambut baik rombongan dari MIN 14 Al-Azhar di ruang pertemuan setelah sebelumnya dipandu berkeliling ke setiap kelas dan ruangan oleh Muntasir salah seorang guru SD yang menampung kurang lebih1800 siswa ini.

Sofyan, kepala sekolah Dasar Sapen tersebut, mengatakan dalam sambutannya dihadapan para civitas akdemika MIN 14, bahwa beliau bersukur dan berterimakasih atas kunjungan dari MIN 14 Jakarta Selatan yang bertujuan untuk silaturahmi dan berbagi pengalaman dengan sekolah yang dipimpinnnya.

" Alhamdulillah siswa-siswi kami dapat meraih dalam kejuaraan olympiade MIPA baik di tingkat nasional maupun internasional ini bukan suatu kebetulan, tapi memang kami dari awal sudah mempersiapkan dan mengorganisir semua potensi dan minat siswa dan juga menyiapkan tenaga ahli dan fasilitas yang dibutuhkannya," imbuhnya.

 

 

 

Terkait