Berita

Uji UKBI, Evaluasi Pelajaran Bahasa Indonesia di MAN 5 Jakarta utara

Kamis, 10 Oktober 2024
blog

UKBI 2024

Jakarta (Humas MAN 5 Jakarta Utara) -- Sebanyak 100 siswa kelas XI dan XII MAN 5 Jakarta Utara melaksanakan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) secara online di laboratorium komputer, Rabu (9/10/2024).

UKBI bertujuan mengukur kemahiran seseorang dalam menggunakan bahasa Indonesia secara lisan maupun tulisan. Tes ini mirip dengan uji kemahiran bahasa lainnya seperti TOEFL atau IELTS untuk bahasa Inggris, tetapi difokuskan pada bahasa Indonesia.

Pelaksana teknis UKBI Wakil Bidang Akademik Dini Hadi Ristanti menyampaikan "UKBI merupakan alat ukur resmi yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia."

UKBI terdiri dari beberapa sesi yang menguji keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Indonesia. Para siswa tampak antusias dan serius mengerjakan soal-soal yang diberikan, menunjukkan tingkat persiapan yang baik.

Menurut Kepala Madrasah, Ade Kurnia, pelaksanaan UKBI ini diharapkan dapat memberikan gambaran kemampuan berbahasa Indonesia.

"Kami berharap dengan adanya UKBI ini, siswa dapat lebih percaya diri dan terampil dalam menggunakan bahasa Indonesia, menjadi modal untuk bersaing di era globalisasi," ujarnya.

Salah satu peserta, Fahad siswa Kelas XII, mengungkapkan bahwa meskipun merasa gugup, dia juga merasa tertantang untuk menunjukkan kemampuannya dalam berbahasa Indonesia. "Saya berharap bisa mendapatkan hasil yang baik dan tahu kemampuan berbahasa Indonesia saya sejauh mana," kata Fahad.

Hasil dari UKBI akan diumumkan dua minggu setelah pelaksanaan ujian dan akan akan digunakan sebagai salah satu bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di madrasah. (ER)

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor