Berita

Tingkatkan Pemahaman Dan Implementasi Penilaian K-13, Mts N 17 Jakarta Adakan Worshop Pelatihan E-Rapor

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 17 Jakarta) --- Aplikasi e-rapor merupakan aplikasi untuk pengolahan nilai pengetahuan, nilai keterampilan, nilai sikap yang telah dilakukan oleh pendidik sehingga terbentuk nilai akhir beserta deskripsinya secara otomatisasi sesuai dengan perolehan siswa pada setiap kompetensi dasar yang dinilai.

Hal ini disampaikan Okdavid yang menjadi narasumber pada kegiatan Workshop e-raport tahun 2018 di MTs Negeri 17 Jakarta.

Sebanyak 34 guru MTs Negeri 17 Jakarta dilatih bagaimana cara mengupload nilai-nilai yang di maksud dengan mengikuti workshop E Rapor pada Jum’at (28/9) di Aula MTsN 17 Jakarta.

“Workshop pelatihan E Rapor ini kami adakan dengan tujuan selain dapat mengikuti perkembangan zaman tentu juga dapat meningkatkan pemahaman dan implementasi penilaian K-13.” Kata Kepala MTsN 17 Jakarta, Ahmad Mawardi.

Selain itu, “Dengan diadakannya pelatihan E Rapor akan mempermudah guru dalam menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik.” Tutur Ida Wahidah selaku Wakil Kurikulum MTs Negeri 17 Jakarta.

Pada kegiatan workshop ini peserta dipandu langsung oleh tim dari PT Indotekno Pratama untuk melaksanakan praktek mengisi e-rapor sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Ammar Suhada Dajamain, yang juga sebagai salah satu admin e-rapor dari PT Indotekno Pratama.

Sekolah yang berdiri sejak 1996 ini, akan mulai menerapkan E Rapor pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Workshop ini merupakan kali pertama sejak semester pertama.

“ Sehingga diharapkan seluruh guru dan operator bisa mahir mengoperasikan data-data nilai siswa sesuai dengan format yang telah disediakan,” harap salah satu peserta.

Aplikasi e-rapor adalah perangkat lunak berbasis web untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik oleh tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan oleh Subdit Kurikulum Madrasah.  (s/e)

Terkait