Berita

Tingkatkan Minat Baca Siswa, MAN 9 Adakan Lomba Pojok Baca

Selasa, 30 Oktober 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 9) --- Senin (29/10), OSIS bekerjasama dengan panitia guru, khususnya guru bahasa, mengadakan kegiatan Gebyar Bulan Bahasa. Ada 8 mata lomba yang diselenggarakan, “Lomba Musikalisasi Puisi, Puisi 3 Bahasa, Puisi Bahasa Arab, Story Telling, Mendongeng, dan Lomba Pojok Baca” jelas Amal, Ketua Adiwiyata yang juga panitia lomba pojok baca.

Pojok Baca dibuat per kelas. “Tujuan dari lomba pojok baca yaitu meningkatkan kreativitas siswa terkait literasi”, lanjut Amal. “Kriteria penilaian yaitu kelengkapan pojok baca, keindahan, dan kreativitas”, imbuh Amal. Siswa berusaha menggunakan barang-barang bekas dalam membuat pojok baca.

“Pojok Baca MAN 9 di kelas tersebut akan menjadi Pilot Project bagi Penerapan Inovasi Gerakan INI Buku sahabAT KU (INI BUATKU) yang akan dikemukakan pada Forum Konferensi Perpustakaan Sekolah yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) pada tanggal 5 dan 6 November 2018 yang akan datang”, papar Ridwan, salah seorang juri pojok baca.

“Ditetapkan sebagai pemenang pertama yaitu kelas XII Keagamaan, kedua kelas XI IPS 1, dan juara ketiga yaitu kelas X Keagamaan”, Ridwan melaporkan. “Hadiah lomba langsung dibagikan di hari yang sama”, ujar Amal.

“Semoga dengan adanya kegiatan bulan bahasa ini, bisa menumbuhkan minat baca dan kecintaan siswa dan siswi MAN 9 pada buku”, harap Amal./aml/tlsa

Terkait