Berita

Tingkatkan Gaya Hidup Sehat, Siswa MAN 16 Jakarta Hadiri Kampanye Kesehatan ‘Aku Bangga Aku Tahu’

Sabtu, 28 September 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta ( Humas MAN 16 Jakarta)---Sejumlah siswa MAN 16 Jakarta kelas X menghadiri penyuluhan kesehatan mengenai bahaya HIV/AIDS melalui kampanye Aku Bangga Aku Tahu ( ABAT ) yang diselenggarakan puskesmas Tegal Alur di Aula MAN 16 Jakarta (25/9).

Penyuluhan kesehatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa yang benar dan komprehensif tentang HIV/ AIDS. Hal ini disampaikan dr. Heny Agustini Santoso sebagai narasumber dalam kegiatan ini.

“Penyakit HIV/ AIDS sebenarnya bukan hanya menyerang orang dengan perilaku berisiko tapi semua orang punya kesempatan yang sama untuk kena. Para siswa harus mengurangi perilaku berisiko dan rajin-rajin cari tahu tentang HIV dan AIDS’, ujarnya.

“Mudah saja agar tidak kena, hindari sex bebas dan jangan menggunakan narkoba,”, tegasnya.

Menurut Sahla kelas X IPS, Kampanye ABAT ini sangat bermanfaat karena berisi materi mengenai kesehatan reproduksi yang meliputi cara merawat organ reproduksi, risiko penyakit yang terjadi akibat seks bebas.

"Selain itu juga disampaikan mengenai pengertian HIV, cara penularan, tanda dan gejala HIV, pengertian AIDS serta cara pencegahan HIV. Saya dan teman-teman yang hadir memiliki kewajiban menyampaikan kepada teman-teman yang tidak hadir, agar semua siswa memiliki pengetahuan yang sama," imbuhnya.

Dalam pantauan humas, kegiatan diawali dengan kegiatan pretest yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa mengenai HIV/AIDS kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film animasi tentang HIV/AIDS dan akibatnya, dilanjutkan diskusi tentang isi pemutaran film.

Terkait