Berita

Tingkatkan Efesiensi, Mutu, Reliabilitas, Kredibilitas Dan Integritas Dalam Pelaksanaan Ujian

Kamis, 31 Januari 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Bogor (Inmas) --- Sosialisasi Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tingkat MI, MTS Dan MA 2018/2019 di Bogor. Acara ini resmi dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta Saiful Mujab. Kamis (31/01)

Tingkat MI akan melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Tingkat MTs dan MA melaksanakan UN, USBN dan UAMBN.

Kakanwil mengatakan bahwa, Tingkat kemampuan pendidikan dapat diketahui salah satunya dengan dilakukan penilaian peserta didik melalui ujian pada akhir tahun pelajaran.

Pelaksanaan Ujian pada Madrasah merupakan kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan dan sebagai peta dalam pemerataan pendidikan dan pengendalian serta peningkatan mutu hasil pendidikan oleh pemerintah dan madrasah.

Pada tahun pelajaran 2018/2019, MTs dan MA Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan UN dan UAMBN Berbasis Komputer atau Computer Based Test (CBT) yang merupakan sistem pelaksanaan ujian dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Sementara untuk pelaksanaan USBN masih berbasis kertas atau Paper Base Test (PBT).

Saiful berharap, Semoga di tahun mendatang, dengan niat keinginan yang kuat, dukungan dan kerja keras seluruh Stakeholder masyarakat dan madrasah, pelaksanaan USBN pada Madrasah di Prov. DKI Jakarta dapat berbasis komputer.

" Sehingga Madrasah Prov. DKI Jakarta menjadi garda terdepan dan barometer Nasional sebagai satuan pendidikan agamis berintegrasi teknologi dalam proses pembelajaran dan penilaiannya," harapnya.

Pelaksanaan ujian berbasis komputer ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, kredibilitas, dan integritas ujian.

Dalam kesempatan ini KaKanwil berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi ini, agar ikuti acara sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya, penuh tanggungjawab sebagai bekal pelaksanaan ujian Madrasah dengan baik, transparansi, akuntabel dan profesional sesuai regulasi dan peraturan yang telah ditetapkan.

"Saya berharap semua pihak mempersiapkan persiapan ujian ini dengan sebaik mungkin, agar ujian UN, USBN, maupun UAMBN dapat berjalan dan memperoleh hasil yang baik," harapnya.

Turut dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Ketua Pokjawas Provinsi dan para Pokjawas Kota, Para Kepala Seksi pada Bidang Pendidikan Madrasah, Para Kepala Seksi pada Penmad Kota dan Kasi Pendis Kep. Seribu, Para Peserta Sosialisasi UN, USBN dan UAMBN pada Madrasah TP. 2018/2019. // Rzky

Terkait