Berita

Tanamkan Kebiasaan Sholat Tepat Waktu Sejak Dini

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kamad MTsN 9 Jakarta Pusat, Hj. Rosadah berpesan agar selalu menjaga sholat lima waktu dan disiplin waktu. Hal ini disampaikannya saat sambutan peringatan Isra Mi’raj yang sekaligus menyambut 1 Ramadan 1440 H, Jum’at (03/05).

“Sholat tepat waktu merupakan perwujudan dari disiplin waktu,” ucap Rosadah. Sholat lima waktu merupakan perintah langsung dari Allah SWT pada Nabi Muhammad SAW pada saat peristiwa Isra Mi’raj.

Beliau pun mengapresiasi pengurus OSIS MTsN 9 Jakarta Pusat Angkatan 32 yang telah sukses menggelar acara bertajuk “Semangat Isra Mi’raj menuntun insan mandiri untuk khusuk beribadah, serta menjadikan manusia yang beriman, beradab dan bertakwa”.

Kegiatan ini, Tausiyah diberikan Ustadz Syawal Mubarok, SQ dengan tema ‘Tanamkan Kebiasaan Sholat Tepat Waktu Sejak Dini’. “Sholat tidak lebih dari sepuluh menit tetapi yang lalai akan waktunya tidak sedikit,” jelasnya.

Beliau mengutip Qs Al Ma’un (107) ayat 4-5 bermakna: “Maka celakalah orang yang sholat, (yaitu) orang yang lalai terhadap (waktu) sholat”. “Ayat ini merujuk pada muslim yang sholatnya tidak tepat waktu,” jelasnya.

Lalu bagaimana bagi yang tidak mendirikan sholat? Ia menjelaskan bahwa batasan antara seseorang dengan kekafiran dan kesyirikan adalah sholat, seperti dikutip dari HR Muslim. “Sholat adalah kewajiban paling utama dan yang dahulu diperhitungkan disisi Allah,” ucapnya.

HR Abu Daud meriwayatkan bahwa sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah sholat. Apabila sholatnya baik maka mendapat keuntungan dan keselamatan. Apabila sholatnya rusak (tidak tepat waktu) maka akan menyesal dan merugi.

“Maka tanamkan kebiasaan sholat tepat waktu sejak dini sehingga kelak dewasa terbiasa disiplin waktu,” pesannya. /j15

 

Peringatan Isra Mi'raj MTsN9

Terkait