Berita

Sub Rayon 48 Jakarta Selatan Adakan Sosialisasi Aplikasi Raport Digital ( ARD )

Jumat, 23 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MIN 4 Jakarta) --- Dalam rangka standarisasi bentuk laporan penilaian hasil belajar peserta didik di lingkungan madrasah, maka Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta menyelenggarakan sosialisasi  Aplikasi Raport Digital  ( ARD ) di tingkat sub rayon.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula gedung PSBB MAN 4 Jakarta , sub rayon 48  Jakarta Selatan dan dihadiri oleh 129 peserta yang berasal dari 63 madrasah baik negeri maupun swasta. Jumat (23/11).

Acara sosialisasi  ARD diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta yang hadir dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an .

Nurjanah selaku ketua sub rayon 48 yang juga menjabat sebagai Kepala MIN 4 Jakarta Selatan melaporkan seputar penyelenggaraan acara sosialisasi ARD tersebut. Salah satu laporan beliau adalah tentang  jumlah peserta yang hadir pada saat itu , diantaranya para kepala madrasah negeri maupun swasta yang berada di wilayah sub rayon 48 yang didampingi oleh masing-masing operatornya.

Sementara Nur Pawaidudin selaku Kepala Bidang Penmad Kantor Wilayah DKI Jakarta memberikan gambaran seputar aplikasi , bahwa sekarang banyak hadir aplikasi baru seperti Dapodik , EMIS , Simpatika dan juga yang lainnya yang semua aplikasi tersebut masih terus berinovasi.

" Seluruh aplikasi di madrasah merupakan tanggung jawab kepala madrasah dan ada pelimpahan wewenang kepada operator  pada masing-masing madrasah," ujarnya.

Jalalludin sebagai salah satu nara sumber menyampaikan bahwa tujuan diadakannya sosialisasi saat ini adalah untuk mengetahui dan memahami  ARD serta nantinya dapat menginput data yang diminta pada aplikasi tersebut.

" Aplikasi Raport Digital tersebut baru di launching pada bulan September lalu di Makasar. Dan diharapkan sudah dapat digunakan dalam proses pembuatan laporan hasil belajar siswa pada semester pertama di tahun pelajaran 2018/2019 ini," harapnya. ( MT )

Terkait