Berita

Studi Komparasi Agen Perubahan di Lingkungan Kankemenag Kota Jakarta Pusat

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala Kankemenag Kota Jakarta Pusat, H. Mukhobar memimpin rapat persiapan Studi Komparasi dari Biro Ortala Sekjen Kemenag, Kamis (22/11). Studi Komparasi terkait Agen Perubahan ini rencananya akan dilaksanakan Kamis (29/11) di KUA Menteng, MTsN 9, dan Subbag Tata Usaha di Kankemenag Kota Jakarta Pusat.

Kegiatan ini menindaklanjuti surat Sekjen Kemenag, M. Nur tanggal 19 November 2018 Nomor: B-7855/SJ/OT.00.3/11/2018 hal Studi Komparasi Agen Perubahan pada satker Kemenag. Sejatinya, kegiatan ini merupakan bagian dari Pembinaan Agen Perubahan di Hotel Aryaduta yang diselenggarakan mulai esok hari, Selasa (27/11).

Dalam arahannya, H. Mukhobar meminta para pimpinan unit kerja dimaksud agar bisa mempersiapkan diri sehingga dapat memberikan informasi yang dibutuhkan. “Kepala Unit Kerja terkait agar bisa mengondisikan studi komparasi ini,” intruksinya siang itu.

Kegiatan ini dimaksudkan agar para Agen Perubahan yang berasal dari satuan kerja di Kemenag se Indonesia dapat melihat kondisi yang ada, mengembangkan inovasi,  serta menerapkan program perubahannya untuk meningkatkan kualitas Reformasi Birokrasi di unit kerja masing-masing secara nyata.

Dalam upaya perubahan secara sunguh-sungguh dan berkelanjutan, diperlukan adanya komitmen pimpinan dan perubahan mindset (pola pikir) dan culture set (budaya kerja) seluruh anggota organisasi untuk mewujudkan peningkatan integritas dan kinerja yang tinggi. Salah satu faktor pentingnya adalah adanya pelopor perubahan yang sekaligus menjadi teladan dalam berperilaku bagi seluruh individu di organisasinya.

Kegiatan ini berdasarkan Permen PAN-RB No.20/2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Manajemen Perubahan, dan Permen PAN-RB No.39/2012 tentang Pedoman Budaya Pengembangan Budaya Kerja.  /j15

Terkait